oleh

TP PKK Pringsewu Lakukan Sosialisasi Pencegahan Stunting

Harianpilar.com, Pringsewu – TP-PKK Kabupaten Pringsewu kembali melakukan sosialisasi pencegahan stunting untuk ibu hamil dan pasangan usia subur di Balai Pekon Sidoharjo Kecamatan Pringsewu, Rabu (10/11/2021).

Ketua TP-PKK Kabupaten Pringsewu, Ny. Hj. Nurrohmah Sujadi membuka sosialisasi pencegahan stunting untuk ibu hamil dan pasangan usia Suburs di dampingi Wakil Ketua II TP-PKK pringsewu Ny. Hj. Sriprihatin Heri Iswahyudi, Camat Pringsewu, Maudy Ary Nazolla, S.STP., MH., Ketua TP-PKK Kecamatan Pringsewu, Kepala UPT Puskesmas pringsewu Yohanes, Kepala Pekon sidoharjo  dan beberapa Lurah yang ada di kecamatan pringsewu.

Dalam samabutanya Ketua TP-PKK Pringsewu Ny. Hj. Nurrohmah Sujadi mengatakan kegiatan sosialisasi ini sudah yang kelima kalinya. Peserta di Kecamatan Pringsewu mencapai 70 peserta ibu hamil. Namun karena suasana masih dalam keadaan pandemi, maka yang kita hadirkan hanya 25 perserta saja.

Nurrohmah mengatakan untuk usia ibu yang melahirkan harus diatas 21 tahun, sehingga reproduksinya sudah siap-siap. “Di usia 21 tahun tentunya secara pemikiran dan mentalpun sudah matang. Para Ibu-Ibu yang mengandung terlalu muda, sudah pasti reproduksinya masih sangat beresiko dan jangan juga hamil di usianya sudah di atas 35 tahun karena resikonya juga tinggi harus terprogram,” ujarnya.

Nurrohmah juga menghimbau para peserta untuk rutin memeriksakan kandungannya, serta untuk vaksin. “Bagi yang belum vaksin dengan berkonsultasi kepada petugas Kesehatan. Maksud dari kegiatan pencegahan stunting pada ibu  yang mengandung ini, supaya bayi dan ibunya sehat  dan saat melahirkan juga dalam keadaan sehat dan selamat,” tambah Nurrohmah.

Pada kesempatan yang sama Camat Pringsewu Maudy Ary Nazolla mengucapkan terimakasih kepada Ketua TP-PKK Pringsewu berseta jajarannya. “Telah menyambangi warga kami yang saat ini sedang mengandung,” tukasnya.

Maudy juga mengajak kepada peserta agar rutin memeriksakan kandungannya keposyandu atau Puskesmas terdekat. dan meminta agar juga memperhatikan bayi yang sedang di dalam kandung sehingga Vitamin, gizi dan semua asupan yang bayi butuhkan dapat terpenuhi. “Mudah mudahan dengan bantuan ini anak yang ada dalam kandungan dapat tumbuh dan melahirkan dengan keadaan sehat,” ungkap Maudy.

Kegiatan sosialisasi ini , dilakukan TP-PKK Kabupaten Pringsewu  ke-sembilan kecamatan yang ada di Kabupaten Pringsewu dengan jumlah peserta sebanyak 450 sasaran Ibu hamil serta dengan memberikan bantuan susu, kacang hijau dan telur bebek.

Pada kesempatan hari ini persetarta di Kecamatan Pringsewu berjumalah 70 ibu hamil. Yang sebelumnya sudah melakukan sosialisasi ke- Kecamatan, Banyumas, Adiluih, Sukoharjo dan Kecamatan Pagelaran. (Sahirun)