oleh

Pemkab Pringsewu Gelar Upacara Peringatan Hari Pahlawan

Harianpilar.com, Pringsewu – Bupati Pringsewu H.Sujadi bertindak sebagai inspektur upacara peringatan Hari Pahlawan Nasional tahun 2021 Tingkat Kabupaten Pringsewu yang dilaksanakan di Lapangan Taman Makam Pejuang Purna Yudha Bhakti, Keputran, Kecamatan Sukoharjo, Kabupaten Pringsewu, Rabu (10/11/21).

Pada upacara peringatan hari pahlawan juga dihadiri Ketua DPRD Pringsewu Suherman, SE, Sekdakab Pringsewu Drs.Heri Iswahyudi, M.Ag. beserta jajaran Pemkab dan Forkopimda, serta diikuti pegawai ASN, anggota Polri dan prajurit TNI sebagai peserta upacara.

Bupati Pringsewu dalam amanatnya menyampaikan pada peringatan Hari Pahlawan ini Sujadi mengajak kepada seluruh elemen masyarakat Kabupaten Pringsewu untuk bersama-sama memaknai bahwa setiap orang pada dasarnya memiliki peran menjadi pahlawan. Salah satu yang dapat dijadikan hikmah, menurut bupati, adalah proses lahirnya Kabupaten Pringsewu dari Kabupaten Tanggamus, dimana masing-masing berperanĀ  dan dapat disebut pahlawan Kabupaten Pringsewu, termasuk upaya kita semua saat ini dalam memerangi wabah covid-19 yang sedang melanda di Indonesia ini juga termasuk sebagai perjuangan kita semua untuk membebaskan bangsa dari wabah virus covid-19.

Karenanya, Pemerintah Kabupaten Pringsewu memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada para pejuang yang telah berjasa bagi Kabupaten Pringsewu, dan berharap seluruh perjuangan dan pengorbanan, baik yang tercatat maupun tidak tercatat, menjadi amal ibadah dan amal jariyah yang diterima oleh Allah SWT.

Bupati Pringsewu juga menyampaikan amanat tertulis Menteri Sosial RI Tri Rismaharini, dimana melalui peringatan Hari Pahlawan dapat dijadikan refleksi keteladanan dan keteguhan untuk menggapai harapan masa depan,

serta mengajak bersama-sama bahu-membahu dengan penuh keikhlasan dan rasa tanggungjawab serta penghormatan atas jasa dan pengorbanan para pahlawan, memberikan kontribusi bagi bangsa dan negara sesuai kemampuan dan profesi masing-masing. “Setiap orang bisa menjadi pahlawan di bidang apapun, dan bahkan bisa pula memulai dengan menjadi pahlawan bagi ekonomi keluarga dan komunitasnya”, ujarnya.

Disampaikan pula bahwa semangat, tekad dan keyakinan pahlawan, semestinya dapat menginspirasi dan menggerakkan kita untuk mengemban misi bersejarah ‘mengalahkan’ musuh bersama yang sesungguhnya, yaitu kemiskinan dan kebodohan dalam arti luas. Hal ini juga sejalan dengan tema Hari Pahlawan 2021, yakni “Pahlawanku Inspirasiku.”,ujarnya membacakan amanat Menteri Sosial RI.

“Sesungguhnya Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa Pahlawannya”. Ir.Soekarno”,-

Peringatan Hari Pahlawan di Kabupaten Pringsewu juga ditandai dengan tabur bunga serta pemberian apresiasi piagam penghargaan dan santunan kepada anggota Legiun Veteran RI dan keluarga pejuang. (Sahirun)