oleh

Zulhas: Sukseskan Vaksin, Solusi Atasi Pandemi Covid-19

Harianpilar.com, Jati Agung – Ketua Umum Partai Amanat Nasinal (PAN) Zulkifli Hasan mengatakan perceparan vaksinasi nasional demi penanganan pandemi Covid-19.

“Vaksinasi harus kita sukseskan bersama. Itu kunci untuk keluar dari pandemi Covid-19,” kata Zulkifi Hasan pada acara sosialisasi pengurangan resiko krisis kesehatan dalam mencegah Covid-19 dan vaksinasi Covid-19 di Desa Marga Agung, Kecamatan Jati Agung, Kabupaten Lampung Selatan, Selasa (26/10/2021).

Dia juga mengajak kepada masyarakat untuk mengajak kepada masyarakat lainnya untuk vaksinasi. “Kita semua harus bahu-membahu ikut menyelesaikan masalah pandemi Covid-19 akibat pandemi ini. Bukan hanya tugas pemerintah, tapi semua pihak. Harus kita gerakkan bersama-sama. Vaksin adalah kunci kita keluar dari persoalan pandemi ini. Jika program vaksin sukses, Insya Allah ini solusinya untuk semua,” ungkap Zulhas, panggilan Zulkifli Hasan.

Zulkifli Hasan mengajak kepada petugas kesehatan untuk ikut menggerakkan program vaksinasi yang dicanangkan pemerintah di Lampung.

“Jangan sampai ada yang tidak mau divaksin. Ini penting sekali. Kuncinya penanganan COVID-19 ini ya vaksin. Belum ada obatnya. Jika program vaksin gratis, insya Allah pandemi ini bisa kita atasi dan kita keluar dari krisis,” ujar Zulhas lagi.

Menurut dia vaksinasi atau Imunisasi bertujuan untuk membuat sistem kekebalan tubuh seseorang mampu mengenali dan dengan cepat melawan bakteri atau virus penyebab infeksi. Tujuan yang ingin dicapai dengan pemberian vaksin COVID-19 adalah menurunnya angka kesakitan dan angka kematian akibat virus ini.
“Hingga sampai saat ini virus corona belum juga berakhir. Guna menekan kasus yang terus bertambah, pemberian vaksin COVID-19 mulai dilakukan. Pemerintah pun menganjurkan agar semua orang mendapatkannya. Alasan mengapa Vaksinasi COVID-19 Sangat Penting,” katanya.

Sejak vaksin COVID-19 tiba di Indonesia, tidak sedikit masyarakat yang belum setuju akan anjuran pemerintah untuk menjalani vaksinasi COVID-19. Padahal, pemberian vaksin ini sangatlah penting, bukan hanya untuk melindungi masyarakat dari COVID-19, tetapi juga memulihkan kondisi sosial dan ekonomi negara yang terkena dampak pandemi.

Vaksinasi atau imunisasi bertujuan untuk membuat sistem kekebalan tubuh seseorang mampu mengenali dan dengan cepat melawan bakteri atau virus penyebab infeksi. Tujuan yang ingin dicapai dengan pemberian vaksin COVID-19 adalah menurunnya angka kesakitan dan angka kematian akibat virus ini.
“Meskipun tidak 100% bisa melindungi seseorang dari infeksi virus Corona, vaksin ini dapat memperkecil kemungkinan terjadinya gejala yang berat dan komplikasi akibat COVID-19,” ujar Zulhas.

Selain itu, vaksinasi COVID-19 bertujuan untuk mendorong terbentuknya herd immunity atau kekebalan kelompok. Hal ini penting karena ada sebagian orang yang tidak bisa divaksin karena alasan tertentu.
Orang yang tidak dianjurkan untuk menerima vaksin atau tidak menjadi prioritas untuk vaksin COVID-19 antara lain anak-anak atau remaja berusia di bawah 18 tahun dan orang yang menderita penyakit tertentu, misalnya diabetes atau hipertensi yang tidak terkontrol.

“Jadi, dengan mendapatkan vaksin COVID-19, anda tidak hanya melindungi diri sendiri, tapi juga orang-orang di sekitar Anda yang belum memiliki kekebalan terhadap virus Corona,” tukasnya. (Mar)