oleh

Lapas Kotaagung Beri Pelayananan Terbaik Bagi WBP

Harianpilar.com, Tanggamus – Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Kotaagung (Lapas Kotaagung) terus berupaya memberikan pelayananan terbaik bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dan masyarakat luar. Salah satunya dengan memberikan layanan penitipan barang dari keluarga bagi WBP Lapas Kotaagung.

Dijelaskan langsung oleh Kepala Lapas Kotaagung, Beni Nurrahman, “Layanan penitipan barang ini merupakan salah satu bentuk pelayanan bagi WBP Lapas Kotaagung dan keluarga mereka di luar pasca penutupan sementara layanan kunjungan pada masa pandemi Covid-19.

Hari ini, Senin (25/10) dalam rangka menyambut Hari Dharma Karyadhika (HDKD) Tahun 2021, Lapas Kotaagung memberikan pelayanan spesial bagi keluarga WBP yang hendak menitipkan barang, yaitu berupa pengukuran suhu badan dan tekanan darah (tensi) oleh petugas kesehatan Lapas Kotaagung. Manfaatnya pun diperoleh para pengunjung/keluarga WBP, mereka mendapatkan informasi kesehatan mereka.

Dua Duta Layanan Lapas Kotaagung, Bagus Mulyadi dan Difka Rahestin yang bertugas hari ini memberikan sosialisasi dan penjelasan alur serta tata cara layanan penitipan barang bagi WBP. Mulai dari pengecekan kesehatan pengunjung, scan barcode peduli lindungi, lalu pendataan identitas dan pemeriksaan barang titipan yang diakhiri dengan meminta pengunjung untuk memberikan penilaian Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) serta memberikan saran bagi Lapas Kotaagung guna evaluasi sehingga Lapas Kotaagung dapat terus meningkatkan layanan bagi masyarakat.

Selain itu pengunjung/keluarga WBP juga dilayani untuk konsultasi mengenai keluarga mereka di dalam Lapas Kotaagung, seperti pemberian hak-hak integrasi mereka, kegiatan asimilasi WBP, keterangan waktu pengajuan dan syarat PB, CB, CMB serta CMK. Para Duta Layanan didampingi langsung oleh Kasi Binadik dan Giatja, Aryo Pratama dalam kegiatan ini.

Layanan publik, pemeriksaan kesehatan pengunjung dan konsultasi langsung ini rencananya akan terus digalakkan sampai puncak peringatan HDKD 30 Oktober mendatang.

Beni Nurrahman juga menegaskan bahwa “Kami seluruh Petugas Lapas Kotaagung dalam memberikan segala bentuk layanan bagi masyarakat tidak memungut biaya sedikitpun, Ini merupakan wujud komitmen kami yang juga sedang membangun Zona Integritas menuju WBK dan WBBM.” (ron)