oleh

Bupati Lamsel Minta Masyarakat Untuk Vaksin

Harianpilar.com, Lampung Selatan – Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto meminta kepada seluruh jajarannya beserta tokoh agama, tokoh masyarakat, serta elemen masyarakat lainnya untuk menghimbau masyarakat untuk bersedia divaksin.

Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan menyiapkan beberapa tempat sentra vaksin seperti GOR Way Handak Kalianda, Puskesmas pada masing-masing Kecamatan, serta beberapa balai desa melayani vaksinasi dalam setiap harinya.

Selain untuk menjaga kekebalan tubuh dari virus covid-19, capaian vaksinasi juga menjaga salah satu penilaian level PPKM.

Saat ini, berdasarkan Immendagri Nomor 48 Tahun 2021, status PPKM Kabupaten Lampung Selatan berada pada level 2. Untuk menurunkan menjadi level 1 atau mencapai herd immunity, vaksinasi harus sudah mencapai 70℅. Sedangkan untuk tetap berada di level 2, vaksinasi dosis 1 harus sudah mencapai 50℅ dan vaksin untuk lansia sudah mencapai 40℅.

Jika batas akhir evaluasi PPKM pada 18 Oktober 2021 Lampung Selatan belum mencapai 50℅ (jumlah sasaran seluruhnya 774.818) vaksin dosis satu, niscaya Kabupaten Lampung Selatan akan kembali masuk level 3 PPKM. Hal ini jelas berdampak pada perekonomian masyarakat, termasuk pembelajaran tatap muka (PTM) yang sudah menggeliat akan kembali di evaluasi.

Sementara itu, berdasarkan data yang bersumber dari KPCPEN versi NIK, capaian vaksinasi Kabupaten Lampung Selatan hingga Minggu, 17-10-2021 Pukul 12.00 WIB baru mencapai 45,1℅.

Untuk mengejar ketertinggalan capaian vaksinasi, Bupati Lampung Selatan menggelar briefing kepala OPD pada Minggu, 17-10-2021 guna mengambil langkah-langkah efektivitas serta percepatan capaian vaksinasi, minimal mencapai 50℅ vaksin dosis satu.

Briefing lebih mem-fokuskan evaluasi pelaksanaan vaksinasi yang digelar secara serentak pada Senin, 11-10-2021 serta langkah-langkah yang perlu diambil agar tujuan digelarnya vaksinasi secara massal dapat tercapai.

“Jika kita kembali ke level 3, jelas akan mengganggu perekonomian masyarakat. Semua aktivitas jelas akan dibatasi, bahkan lebih ketat dari sekarang,” kata Nanang dihadapan para OPD dalam briefing nya Minggu (17/10).

“Jika masyarakat ingin longgar dalam melaksanakan aktivitas, anak-anak ingin sekolah, yang punya hajat ingin menggelar syukuran, yuk kita vaksin,” tambah Nanang.

“Diseluruh wilayah kecamatan kita buka tempat untuk vaksin. Masyarakat tinggal datang membawa KTP,” tambah Nanang lagi.

Pada bagian lain, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lampung Selatan, Joniansyah, menjelaskan, vaksinasi akan divakuskan pada wilayah-wilayah yang capaiannya masih rendah.

“Besok (18-10-2021, red) penilaian terakhir PPKM, makanya akan kita vokuskan pada wilayah-wilayah yang capainnya masih rendah, seperti Kecamatan Natar, Jatiagung, Ketapang dan Way Sulan,” jelas Joni.

“Tenaga vaksinator akan kita alihkan ke wilayah yang capaian vaksinasinya rendah. Jika memungkinkan, akan kita buka sampai malam hari. Semoga masyarakat antusias untuk di vaksin,” Pungkas Joni. (Saiful/Eko).