oleh

Hari Ini, Kades Budi Lestari Launching Talas Beneng

Harianpilar.com, Tanjung Bintang – Hari ini, Kamis 8/4/2021) Kepala Desa Budi Lestari, Kecamatan Tanjung Bintang, Kabupaten Lampung Selatan Dasman melaunching budidaya talas beneng di daerahnya.

Dasman mengatakan sebelum melakukan launching budidaya talas beneng, terlebih dahulu pihaknya melakukan berbagai persiapan di lokasi. “Kamis bersama petani lainnya sudah melakukan berbagai persiapan di lokasi yang bakal dijadikan budidaya,” kata dia, Rabu (07/04/2021).

Dia menjelaskan talas beneng telah terpilih sebagai salah satu komoditas unggulan di desanya. Sebelum dikenal secara luas, talas beneng tumbuh secara liar. Namun lambat laun telah dibudidayakan oleh masyarakat dan kini telah menjadi komoditas yang sangat menjanjikan.

Dasman menjelaskan potensi produksi talas beneng sangat bergantung pada faktor lingkungan berupa tingkat kesuburan lahan dan ketersediaan air, dan cara budidaya petani.

Cara budidaya tanaman meliputi aplikasi pemupukan, jarak tanam yang digunakan, sumber/asal benih, dan pemeliharaan tanaman.

Talas beneng bisa menjadi salah satu sumber pangan alternatif karena memiliki berbagai keunggulan.

Diantaranya, setiap saat bisa dipanen, tidak mengenal masa kadaluarsa panen, semakin lama maka akan semakin tumbuh besar. Bahkan hingga umur 2.5 tahun, bobot umbinya bisa mencapai lebih dari 40 kg.

Seperti tanaman kelapa, tidak ada yang terbuang dari bagian tanaman talas beneng baik umbi sebagai sumber pangan, batang sebagai sumber bahan pakan ternak, dan daunnya

dengan kandungan zero nikotin sehingga menjadi bahan baku rokok herbal.

“Kami optimis bahwa komoditas ini dapat memberdayakan masyarakat dan meningkatkan pendapatannya,” katanya. (Maryadi)

Komentar