oleh

Kabag Hukum DPRD Lampura Tak Tahu Besaran Anggaran Pembuatan Perda

Harianpilar.com, Lampung Utara – Meskipun nyaris dua bulan lamanya menempati posisinya, namun Kepala Bagian (Kabag) Hukum Sekretariat DPRD Lampung Utara, Syahrullah ternyata belum tahu berapa anggaran untuk pembuatan sebuah peraturan daerah.

Padahal, lembaga DPRD bersama eksekutif selalu mengesahkan pelbagai perda tiap tahunnya.

“(Saya) belum paham tentang besaran anggaran untuk itu karena masih baru. Yang pegang datanya bawahan saya. Saya takut salah menyebutkan angkanya (kalau tidak pegang data)” kata Syahrullah belum lama ini.

‎Meski begitu, ia membenarkan bahwa setiap Perda itu memiliki anggarannya masing – masing. Anggaran itu di antaranya dipergunakan untuk konsultasi, kunjungan kerja atau studi banding dari setiap Panitia Khusus yang membahas tentang Perda.

“Tidak ada patokan. Tergantung dengan pentingnya Perda itu sendiri,” ucap dia.

‎Adapun mengenai berapa jumlah Perda yang telah dihasilkan pada tahun 2020 silam, ia menjelaskan, jumlahnya hanya enam Perda dari total target 15 Perda. Dari keenam Perda itu, satu di antaranya masih belum selesai dievaluasi oleh Pemerintah Provinsi Lampung.

“Dari keenam Perda itu, yang sudah diundangkan baru lima saja,” ujarnya.

Untuk kesembilan Raperda yang belum dibahas itu akan dibahas pada tahun 2021 ini. Kesembilan Raperda itu telah ditetapkan dalam Program Pembentukan Peraturan Daerah pada tahun 2020 silam. Total Propemperda tahun 2021 berjumlah 20 Raperda.

“Propemperda tahun 2021 ini berjumlah 20 dan yangsedang dibahas oleh Pansus ada empat Raperda,” jelas dia. (Iswan)

Komentar