oleh

Bupati Lampura Sampaikan Ranperda KTR

Harianpilar.com, Lampung Utara – Kawasan tanpa rokok menjadi salah satu prioritas utama yang akan dilakukan oleh Pemkab Lampung Utara. Selain menjalankan amanah undang-undang, kawasan tanpa rokok (KTR) juga akan menciptakan lingkungan yang sehat.

“‎Sesuai dengan amanah Undang – Undang Nomor 36 Tahun 2009 Tentang Kesehatan, pemda wajib menetapkan kawasan tanpa rokok,” kata Bupati Budi Utomo dalam sidang paripurna penyampaian empat Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) di gedung DPRD Lampung Utara, Senin (22/02/2021).

Menurutnya, untuk mewujudkan rencana itu dibutuhkan sebuah peraturan daerah yang mengatur tentang kawasan tersebut. Inilah alasan mengapa mereka menyampaikan Raperda Tentang Kawasan Tanpa Rokok (KTR) pada pihak legislatif dalam sidang paripurna kali ini.

Raperda ini juga ditujukan untuk ‎meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya pola hidup yang sehat, dan menciptakan lingkungan yang sehat bagi masyarakat. Unsur pengawasan dan pembinaan juga termasuk yang diatur dalam raperda itu.

“Di dalam raperda itu ‎diatur tentang pembinaan dan pengawasan mengenai kawasan tanpa rokok,” terangnya.

Adapun mengenai ‎Raperda Tentang Administrasi Kependudukan yang juga merupakan usulan eksekutif, Budi menjelaskan, kedudukan raperda ini juga tak kalah pentingnya dalam kehidupan masyarakat. Raperda itu di antaranya bertujuan untuk memberikan landasan hukum bagi Lampung Utara tentang ketertiban administrasi kependudukan, pengakuan status pribadi atau hukum.

“Semoga, raperda – raperda yang disampaikan hari ini dapat segera dibahas dan disetujui untuk percepatan proses pembangunan,” kata dia.

Sementara itu, Ketua DPRD Lampung Utara, Romli menuturkan, empat raperda yang mereka terima itu akan segera dibahas dalam panitia khusus. Agenda pemandangan umum fraksi – fraksi dan sejenisnya ditiadakan atas permintaan fraksi – fraksi di DPRD Lampung Utara.

“Raperda – raperda itu akan dibahas secara mendalam dalam panitia khusus,” ucap Romli.‎

Sidang paripurna kali ini beragendakan penyampaian empat Raperda. Keempat raperda itu terdiri dari dua usul inisiatif legislatif dan dua dari eksekutif. Raperda usul eksekutif adalah Raperda Tentang Tertib Administrasi Kependudukan, dan Raperda Tentang Kawasan Tanpa Rokok, sedangkan raperda usul‎ inisiatif DPRD adalah Raperda Tentang Ketertiban Umum, Rapeda Tentang Perumahan dan Pemukiman Kumuh. (Iswan)

Komentar