oleh

Satgas Covid -19 dan Polres Pesawaran Siap Amankan Distribusi Vaksin Covid -19

Harianpilar.com, Pesawaran – Dalam rangka mengamankan Vaksin Covid -19 yang rencananya dalam waktu dekat ini akan segera didistribusikan Pemprov Lampung. Pemda Pesawaran telah menyiapkan tempat khusus guna menyimpan Vaksin Covid tersebut.

Dimana menurut juru bicara Satgas Covid -19 , dr Aila Karyus,  meski sampai saat ini Vaksin tersebut belum diketahui jadwal pasti distribusinya, namun pihaknya telah menyiapkan tempat khusus. Itu dilakukan demi melakukan pengamanan dan pengecekan terhadap Vaksin tersebut.

“Untuk tempat yang akan dijadikan penyimpanan Vaksin harus bersuhu mulai dari 2 -8 derajat celsius, ” ujar Aila, Rabu (13/01/2021).

Aila menyebut,  bila pihak Pemprov menempatkan Vaksin dalam ruangan,  maka pemda pesawaran menyimpan ditempat khusus bernama refrigator vaksin atas dengan kata lain kulkas vaksin.

“Refrigator vaksin ini kita memiliki tiga unit berukuran besar,  dan dalam satu unitnya bisa menampung sekitar 5000 vaksin, ” tuturnya.

Saat disinggung terkait sosialisasi vaksin ini kepada masyarakat, Aila mengaku , pemda Baru sebatas sosialisasi melalui medsos resmi milik pemda dan juga puskesmas di 11 Kecamatan.

“Kita juga berharap seluruh elemen yang ada supaya bersama -sama dapat mensosialisasikan masalah vaksin ini . Dan kepada masyarakat kita menghimbau untuk tidak terpengaruh dengan berita -berita miring terkait vaksin ini,” himbaunya.

Terpisah, terkait pendistribusian Vaksin Covid -19 ini,  Polres pesawaran akan mengamankan proses distribusi Vaksin Corona Viruse Desase 2019 (Covid -19). Penegasan ini disampaikan Kapolres Pesawaran AKBP Vero Aria Radmantyo.

“Selain pengamanan proses penyaluran paket yang berisi obat cair dan alat suntik, kepolisian juga akan membantu pendataan dan sosialisasi kepada sejumlah penerima Vaksin,” ucap Kapolres, Rabu (13/01/2021).

Dijelaskan Kapolres, kepolisian setempat hanya bertugas menjaga dari potensi yang mengganggu keamanan dan ketersediaan Vaksin,  sedangkan terkait prosedur medis perawatan dan penyimpanan obat pihaknya menyerahkan  kepada satgas penagangan Covid Pemkab Pesawaran.

“Untuk tenaga kesehatan sebagai Vaksinator, saat itu sedang dilakukan pelatihan , dan setelah itu mereka (Vaksinator -red)  akan mulai melakukan penyuluhan kepada tenaga medis di 15 Puskesmas yang ada di Pesawaran, ” tukas Kapolres,  diakhir pembicaraan. (Fahmi)

Komentar