oleh

Agung Dipenjara, ASN “Migrasi” ke Lampura

Harianpilar.com, Lampung Utara – Pasca diberhentikannya Agung Ilmu Mangkunegara sebagai Bupati Lampung Utara (Lampura) karena ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), banyak aparatur sipil Negara (ASN) yang bermigrasi ke kabupaten tersebut.

Sedikitnya terdapat 59 ASN dari berbagai daerah pindah ke Lampura sejak Bupati Lampura dijabat Budi Utomo menggantikan Agung yang kini menjadi terpidana kasus korupsi.

“Jumlah ASN yang masuk ke Lampung Utara sampai saat ini berjumlah 59 orang,” jelas Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Lampung Utara, Abdurahman, baru-baru ini.

Para ASN yang masuk ke Lampung Utara itu mayoritas bergolongan III. Sayangnya, Abdurahman tidak begitu mengetahui berasal dari daerah mana saja ASN – ASN yang baru pindah ke Lampung Utara itu.
“Kalau untuk detilnya, sila‎kan hubungi kepala bidang,” jelas dia.

Masuknya 59 ASN itu, menurut Abdurahman, tidak membuat jumlah pegawai Lampung Utara membengkak. Hal itu dikarenakan, masuknya puluhan pegawai itu diimbangi dengan banyaknya pegawai yang pensiun atau pindah ke luar Lampung Utara.
“‎Enggak nambah karena tahun ini saja, ada 306 ASN Lampura yang pensiun,” katanya.

Ruang Kerja

Bupati Lampura Budi Utomo dikabarkan sampai saat ini belu‎m pernah menempati ruang kerjanya meskipun telah sebulan menjabat Bupati. ‎Pelantikan Budi Utomo sebagai Bupati Lampung Utara dilakukan pada 3 November lalu.

Terkait kabar itu, Budi Utomo turut membenarkan kabar tersebut. Menurutnya, ruang kerja bupati bukanlah tempat satu – satunya untuk menyelesaikan persoalan. Masih banyak tempat lainnya di luar tempat tersebut.

‎”Ruang kerja itu bukan satu – satunya tempat untuk menyelesaikan masalah,” kata Budi Utomo,saat di temui beberapa hari yang lalu.
Selain itu, Budi Utomo mengatakan, masih banyaknya tamu ‎yang mengunjunginya membuat ia terpaksa belum dapat menggunakan ruangan itu. Kedua alasan itulah yang membuatnya seperti itu.

“Bukan karena lain – lain. Kalau memang memungkinkan, lebih enak di dalam ruangan,” tutur dia sembari tersenyum.
Budi Utomo dilantik sebagai Bupati Lampung Utara pada 3 November lalu. Peningkatan status Budi Utomo itu dikarenakan mantan Bupati Agung Ilmu Mangkunegara divonis bersalah ‎oleh Pengadilan Negeri Kelas IA Tanjung Karang pada 2 Juli 2020.

Atas perbuatannya yang terbukti bersalah melakukan korupsi, Agung Ilmu Mangkunegara dihukum penjara selama 7 tahun serta membayar uang pengganti sebesar Rp74 miliar lebih.(Iswanto/Maryadi)

Komentar