oleh

KPU Gelar Simulasi Sirekap Mobile dan Sirekap Web

Harianpilar.com, Bandarlampung – KPU Kota Bandarlampung ikut melaksanakan kegiatan uji coba nasional rekapitulasi perolehan suara secara berjenjang dari tingkat TPS sampai dengan tingkat provinsi dalam pemilihan serentak 2020.

Komisioner KPU Kota Bandarlampung Fery Triatmojo menjelaskan, dalam kegiatan ini dilakukan simulasi nasional Sirekap Mobile dan Sirekap Web. Dalam simulasi ini KPU Kota Bandarlampung memilih lokasi di dua kecamatan, yakni Enggal dan Panjang. Masing-masing kecamatan diambil sampel dua kelurahan dan enam TPS (3 TPS/kelurahan).

Untuk Kecamatan Enggal ada di Kelurahan Rawa Laut dan Enggal. Untuk Kecamatan Panjang ada di Kelurahan Pidada dan Panjang Selatan.

Uji coba Sirekap Mobile dilaksanakan di 12 TPS oleh KPPS. Sedangkan Sirekap Web akan disimulasikan di kecamatan dan kota (pleno kecamatan dan pleno kota). “Keseluruhan kegiatan akan kami laksanakan hari ini, sampai nanti malam,” kata Fery.

Diketahui simulasi atau uji coba ini dilaksanakan oleh KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota yang melaksanakan Pemilihan Serentak Tahun 2020.

Konfigurasi uji coba nasional dilaksanakan menyerupai hari Pemungutan dan Penghitungan Suara dengan lingkup yang dipersempit. Masing-masing Kabupaten/Kota menyiapkan C.Hasil-KWK ukuran A3 untuk 12 TPS sesuai dengan softcopy yang diberikan oleh KPU RI.

Simulasi dimulai dengan melakukan pengisian C.Hasil-KWK dilanjutkan dengan pemotretan menggunakan Sirekap Mobile dilanjutkan dengan rekapitulasi tingkat kecamatan, rekapitulasi tingkat kabupaten/kota dan rekapitulasi tingkat provinsi untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur. (Ramona)

Komentar