oleh

Pilkada Pesawaran: LRC Hitung, Paslon Bersinar Ungguli Paslon Petahana

Harianpilar.com, Pesawaran – Memasuki hitungan hari perhelatan Pilkada Pesawaran 2020, elektabilitas pasangan calon Kepala Daerah (Paslonkada) nomor urut 01 M. Nasir – Naldi mengungguli paslon nomor urut 02 Dendi-Marzuki. Perhitungan ini merupakan hasil survei Lembaga Riset Centre (LRC).

Direktur Eksekutif LRC A. Yanuar, menyebut dari hasil random sampling di 11 kecamatan, paslon 01 Nasir – Naldi dipilih responden sebanyak 54, 7 persen. Sedangkan untuk paslon nomor urut 02 Dendi Marzuki hanya mendapat 38,4 persen responden. Sementara 7 persen responden belum menentukan pilihan (undecided Voters).

“Klaster Survei ini menjangkau 11 Kecamatan se-Kabupaten Pesawaran secara profesional berdasarkan data jumlah populasi pemilih terakhir, dan survei ini adalah ril,” papar A. Yanuar, dihadapan awak media Rabu (18/11/2020).

Dan dijelaskannya, dari hasil survei ini merekam pasangan M Nasir-Naldi Rinara  cenderung unggul pada banyak kategori demografi pemilih. Dan berdasarkan peta sub kultur pemilih yang terkonsentrasi pada 11 kecamatan se Kabupaten Pesawaran,  paslon yang dikenal dengan slogan Bersinar ini unggul signifikan di 7 kecamatan, yakni dikecamatan Negerikaton, Tegineneng, Waylima, Gedongtataan, Teluk Pandan, Padangcermin dan Kecamatan Waykhilau.

“Untuk paslon Dernawan unggul di 4 Kecamatan yaitu di Kecamatan Kedondong,  Wayratai, Marga Punduh dan Kecamatan Punduh Pedada,” ungkapnya.

Terkait dengan temuan ini lanjut Yanuar,  maka meskipun paslon M. Nasir – Naldi Rinara (Bersinar) lebih unggul dibandingkan paslon 02 Dendi-Marzuki (Dermawan) pada survei ini, namun peta kompetisi elektoral pemilukada Kabupaten Pesawaran masih kompetitif.

“Perubahan suara bisa dimungkinkan terjadi, dan kami belum bisa memutuskan seberapa banyak perubahan tersebut. Ini baru survei pertama, dan diakhir bulan ini kami akan melakukan survei berikutnya sehingga dapat menyimpulkan sekaligus lebih memantapkan hasil survei ini,” tutupnya. (Fahmi)

Komentar