oleh

13 Jamaah Umroh Positif Corona

Harianpilar.com, Jakarta – Kementerian Agama mencatat sejauh ini sudah ada 13 orang jamaah umrah Indonesia yang terkonfirmasi positif Covid-19, mereka berasal dari tiga kloter keberangkatan.

Direktur Bina Umrah dan Haji Khusus Kementerian Agama, Arfi Hatim mengatakan mereka terkonfirmasi positif saat menjalani swab test di Arab Saudi.”Total keseluruhan 13 orang yang terkonfirmasi positif. Selama dilakukan karantina PCR Swab di Arab Saudi,” kata Arfi Hatim dalam diskusi BNPB, Rabu (11/11/2020).

Arfi merinci, ke-13 orang ini berasal dari tiga kloter keberangkatan ibadah umrah; kloter pertama tanggal 1 November terdapat 8 jemaah positif, kloter kedua tanggal 3 November ada 5 orang terkonfirmasi positif.”Untuk gelombang yang ketiga (8 November) Alhamdulillah sampai saat ini tidak ada,” ucapnya.

Dia menegaskan bahwa ke-13 jemaah Indonesia itu sudah diurus oleh pemerintah Arab Saudi untuk menjalani karantina hingga hasil swab test selanjutnya menunjukkan hasil negatif.”Penanganannya ini jadi tanggung jawab pemerintah Arab Saudi. Mereka sudah dilakukan proses isolasi dan sambil menunggu waktu akan dilakukan swab test ulang dan mudah-mudahan hasilnya negatif,” ujarnya.

Arfi menyebut temuan ini akan menjadi evaluasi bagi Kemenag untuk pelaksanaan ibadah umrah selanjutnya, sebab ke-13 jemaah tersebut sebenarnya sudah memiliki hasil negatif saat swab test di Indonesia sebelum keberangkatan.”Ada beberapa kemungkinan tentu akan kami kaji untuk bahan evaluasi dalam konteks untuk pencegahan dan pengendalian pelaksanaan ibadah umrah,” pungkas Arfi.

Diketahui, Penerbangan jamaah umrah dari Indonesia ke Arab Saudi dibagi menjadi tiga kloter; kloter pertama sebanyak 224 jemaah, kloter kedua 89 jamaah dan kloter ketiga 46 jemaah umrah.(Suara.com/Maryadi)

Komentar