oleh

Kutu Air ‘Teror’ Warga Pesawaran

Harianpilar.com, Pesawaran – Ratusan warga Dusun Sumbersari Desa Cipadang Kecamatan Gedongtataan Kabupaten Pesawaran seitar setahun belakangan terjangkit wabah penyakit  menular berupa bintik -bintik merah dan gatal-gatal. Meski berbagai upaya pengobatan sudah dilakukan, namun penyakit itu belum juga hilang. Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat langsung melakukan penelusuran, dan diketahui ‘teror’ penyakit gatal itu akibat kutu air.

Penyakit ini sepat meresahkan masyarakat setempat karena selama ini belum diketahui penyebabnya.”Kami sekeluarga sudah terkena penyakit gatal -gatal mas,  dan saya sendiri sudah 6 bulan ini merasakannya, waduh sengsaranya mas, gak bisa tidur saya dibuatnya,” ungkap warga setempat, Tukini (67), baru-baru ini.

Tukini mengaku sudah berulangkali menjalani pengobatan medis,  namun belum juga sembuh. Menurutnya, dalam kurun setahun ini sebahagian warga Dusun Sumbersari juga terjangkit penyakit gatal -gatal yang sama.”Kata dokter cuma gatal biasa,  tapi kalo digaruk semakin menyebar keseluruh tubuh penyakit gatal ini, dan sekarang bukan saja warga Dusun Sumbersari saja  yang kena tapi Dusun Citemen dan Dusun Cidadi barat juga ada yang sudah kena,” tuturnya.

Sementara, Ngatiman  RT 4  Dusun Sumbersari juga turut merasakan kepedihan yang sama, dimana anak balitanya yang baru berusia 7 bulan juga terjangkit penyakit serupa. “Sudah seminggu ini anak saya juga kena wabah gatal -gatal mas, tadinya bentol dikit, lama -lama menjalar makin banyak,  kasian saya nangis terus,” ujarnya.

Dinas Kesehatan Kabupaten Pesawaran langsung bergerak begitu mendapat informasi soal penyakit yang di alami warga. Dari penelusuran Dinkes, penyakit gatal -gatal yang menimpa ratusan warga Dusun Sumbersari Cipadang-Gedongtatan, baik dari usia balita hingga manula itu disebabkan kutu air (scabies).

Dalam rilisnya, Sekretaris Daerah Kabupaten (Setdakab) Pesawaran, Kesuma Dewangsa, menyatakan, dari hasil investigasi Dinas Kesehatan Pesawaran dengan lokus RT 1, 3, dan 4 Dusun Sumbersari Cipadang dengan menghadirkan warga yang terdampak penyakit gatal -gatal,  ditemukan pada Bak Penampungan air yang dipergunakan oleh warga di Dusun Sumbersari Cipadang tersebut telah tercemar oleh kutu air.”Dari hasil investigasi Diskes ditemukan penyebab utamanya penyakit gatal -gatal tersebut dikarenakan kutu air,  dan sampel air itu sudah dilihat dimikroscop laboratorium Gedongtataan, memang terlihat ada organisme kecil yang diduga kutu air,” terangnya.

Untuk tindakan awal penanganannya dalam mengatasi penyebaran penyakit menular ini, masyarakat diminta untuk bergotong royong membersihkan Bak Penampungan air. Kemudian Diskes memberikan Kaporit di Bak Penampungan air warga Dusun setempat,”Selain pemberian kaporit di Bak penampung air warga, besok Kamis (hari ini) bagi masyarakat yang terdampak penyakit gatal -gatal akan diadakan pengobatan secara gratis dilokasi Puskesmas Keliling (pusling),” terangnya.

Bila diperlukan penanganan lebih lanjut pengobatan penyakit ini maka pasien dapat dirujuk ke RSUD Pesawaran. “Besok Puskesmas Keliling berjalan,  dan bila tidak sembuh juga silahkan dirujuk ke RSUD Pesawaran,  ya pengobatannya dipastikan gratis,” pungkasnya.(Fahmi/Maryadi)

Komentar