oleh

Bupati Tanggamus Minta GENRe Berperan Aktif Cegah Penyebaran Covid-19

Harianpilar.com, Tanggamus – Bupati Tanggamus yang diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten Tanggamus Hamid Heriansyah Lubis, melepas Forum Generasi Berencana (GENRe) Tanggamus dalam rangka perangi wabah Covid -19.

Pelepasan dilakukan di Kantor Bupati Tanggamus, Selasa (20/10/2020).

Turut mendampingi Asisten Bidang Administrasi Jonsen Vanisa dan Sekretaris Dinas PPAKB Riza Pahlevi.

Dalam arahannya, Sekda menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Forum GENRe Tanggamus yang sudah bersedia membantu Pemerintah Daerah dalam menangani permasalahan Covid 19 di Kabupaten Tanggamus.

“Seperti diketahui bersama, pandemi Covid 19 ini sudah menyebar ke seluruh Provinsi yang ada di Indonesia tanpa terkecuali. Termasuk Provinsi Lampung dan Kabupaten Tanggamus, dan saat ini masyarakat banyak yang resah dan masih ada yang kebingungan bagaimana cara untuk menyikapi permasalahan pandemi Covid 19 tersebut,” kata Sekda.

Sekda melanjutkan, Pemkab Tanggamus telah berupaya melakukan berbagai langkah dan tindakan terbaik agar Covid 19 dapat segera tertangani dengan baik dan maksimal. Diantaranya dengan menerbitkan Peraturan Bupati Nomor 55 Tahun 2020 tentang Pedoman Adaptasi Kebiasaan Baru Menuju Masyarakat Produktif dan Aman Covid 19, yang mengatur penerapan disiplin dan sanksi sosial bila terjadi pelanggaran Protokol Kesehatan.

“Akan tetapi masyarakat banyak yang belum tahu bahkan belum paham akan hal itu, sehingga sehingga muncul kekhawatiran, kepanikan yang berlebih, sampai adanya upaya penolakan pasien  Covid 19 yang akan diisolasi di lingkungannya, bahkan mendiskriminasi pasien Covid 19 yang sudah dinyatakan sembuh atau negatif.”

“Untuk itu perlu adanya penegakan  Perbup Nomor 55 Tahun 2020 ini. Karenanya saya mengajak kepada GENRe Tanggamus untuk Pedomani Perbup tersebut. Berikan edukasi kepada masyarakat dan beri pengertian,” ujarnya.

Sekda juga berharap agar Forum GENRe dapat menyampaikan  kepada masyarakat, pemahaman dan edukasi yang baik. Bahwa Pemkab Tanggamus selalu hadir dalam setiap permasalahan Covid 19 dengan tindakan tindakan yang cepat dan tanggap.

“Mari terus semangat dalam menjalankan tugas di lapangan dan jangan lupa protokol kesehatan selalu diterapkan dengan baik. Jaga kesehatan, sampaikan salam kepada orang tua kalian dan masyarakat yang ada di sana,” pungkas Sekda.

Sementara Ketua GENRe Tanggamus Dandri Garda Varna, menjelaskan GENRe Tanggamus siap membantu Pemda Tanggamus untuk melakukan sosialisasi Covid 19 di beberapa wilayah, yakni Kecamatan Kotaagung dan Talangpadang.

“Dimana GENRe nantinya  melakukan koordinasi dengan Camat dan Kepala Pekon setempat yang tentunya dengan memperhatikan protokol kesehatan secara ketat. Mudah-mudahan apa yang sedikit kami lakukan untuk mensosialisasikan Covid 19 kepada masyarakat dapat membantu Pemda dalam memberikan pemahaman dan pengertian kepada masyarakat dalam menyikapi Covid 19 ini,” pungkas Dandri. (Ron)

Komentar