oleh

Dalam Survei LIS Dendi ‘Menang’ Telak

Harianpilar.com, Bandarlampung – Lampung Independen Survei (LIS) merilis hasil suvei 8 Pilkada kabupaten/kota di Lampung termasuk Kabupaten Pesawaran. Elektabilitas pasangan calon (paslon) Bupati dan Wakil Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona-Marzuki unggul telak atas lawannya pasangan M Nasir-Naldi Rinara.

Berdasarkan hasil survei LSI, dari segi popularitas paslon Dendi-Marzuki unggul 46.88 persen sedangkan paslon Nasir-Naldi hanya peroleh 15.56 persen. Artinya unggul jauh dengan selisih 31.32 %. Kemudian dari segi elektabilitas, paslon Dendi-Marzuki juga unggul dengan nilai 46.88 persen sedangkan paslon Nasir-Naldi hanya peroleh 15.56 persen.

Direktur Eksekutif LIS, Erwin Syahrir, mengatakan, hasil survei tersebut tidak ada tendensi terhadap pihak manapun.”Ya itu hasilnya, kita Independen dan tidak ada tendensi apapun dalam melakukan survei, Pesawaran hanya 1 dari 8 survei yang kita gelar menghadapi pilkada,” tegasnya, Selasa (20/10/2020).

Menurut Erwin, Dendi-Marzuki dinilai masih sangat populer di masyarakat Pesawaran, lebih kepada eksistensinya selama kurun 4 tahun menjabat sebagai Bupati Pesawaran.”Apapun bisa terjadi dalam politik, namun dari hasil survei memang selisihnya agak jauh, kita (LIS-Red) akan ada 3 sampai 4 kali survei lagi sampai quick count,” jelasnya.

Erwin menerangkan, dari hasil quisioner yang diberikan kepada responden ketokohan calon sendiri menjadi alasan kuat masyarakat dalam memilih bupati.”Kalau kita lihat hasil di kami, partai politik memiliki pengaruh 23,11 persen dalam mempengaruhi pemilih, sisanya merupakan ketokohan calon tersebut dan pergerakan tim sukses dalam sosialisasi ke masyarakat di bawah. Saya tidak mau bicara ke arah calon Bupati, tapi dengan hasil yang ada langkah calon nomor urut 1 M Nasir-Naldi Rinara harus lebih massif lagi dalam meraih simpati masyarakat untuk mengejar ketertinggalan,” tuturnya.

Dari rilis LIS, paslon nomor urut 1: M Nasir-Naldi Rinara dipilih oleh 15,56 persen responden, sedangkan paslon nomor urut 2: Dendi Ramadhona-Marzuki mendapatkan 46,88 persen dari responden yang menjadi sampling. Sedangkan 37,57% responden belum menentukan pilihan.”Margin error 2% dalam metode survei yang kita pakai, artinya akurasi sudah sangat baik, itulah hasil survei kami yang kami serap dari masyarakat, semoga dengan adanya hasil ini bisa menjadi edukasi politik kepada masyarakat khususnya di Pesawaran,” pungkasnya.

Calon Bupati Pesawaran, M Nasir belum berhasil dimintai tanggapan terkait hasil survei LIS ini. Saat dihubungi ponselnya dalam keadaan tidak aktif. Sementara, Calon Wakil Bupatinya, Naldi Rinara, saat dikonfirmasi tidak menjawab, meski WhatsApp miliknya dalam keadaan aktif.(Ramona/Maryadi)

Komentar