oleh

Pengadaan 2 Miliar, AC RSUD Waykanan Banyak Rusak

Harianpilar.com, Waykanan – Proyek pengadaan Air Conditioner (AC) dan Air Cooler yang bernilai miliaran rupiah di Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Waykanan tahun 2019 patut dipertanyakan. Sebab, kurang dari setahun sebagian AC yang digunakan untuk gedung baru Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Zainal Abidin Pagar Alam (ZAPA) itu kini sudah mulai banyak yang rusak dan tak berfungsi.

Padahal, nilai penawaran pemenang tender proyek ini sangat sedikit penurunannya dari Harga Perkiraan Sendiri (HPS), seharusnya kualitas AC itu sangat baik dan bertahan lama. Proyek pengadaan Air Conditioner (AC) dan Air Cooler ini miliki HPS Rp2.158.457.400 tendernya dimenangkan CV. Lampung Elektro dengan penawaran Rp2.095.005.000 hanya turun Rp63.452.400 atau 2,9 persen dari HPS. Proyek ini untuk pengadaan AC 0.5PK, 1PK, 1.5PK, 2PK, 2.5PK, dan Air Cooler.

Dari penelusuran Harian Pilar, AC di sejumlah ruangan RSUD ZAP justru sudah tidak berfungsi, bahkan sejumlah pasien yang ditemui mengeluhkan tidak berfungsinya AC itu. Seperti ruangan perawatan penyakit dalam, hingga kini AC diruangan tersebut tidak berfungsi,”Semenjak kami masuk (RSUD) AC sudah tidak bisa hidup. AC mengalami kerusakan tidak bisa di fungsikan,” ujar salah satu pasien diruang Perawatan RSUD ZAP, Senin (19/10/2020).

Bukan hanya ruangan perawatan, AC di salah satu ruangan staf administrasi RSUD ZAP juga mengalami kerusakan.”Iya mas rusak AC-nya, udahk cukup lama rusaknya,” ujar salah satu staf di ruangan itu yang mewanti-wanti namanya tidak ditulis.

Kepala Sub Bagian (Kasubag) Umum RSUD ZAPA, Feri Kurniawan, saat dikonfirmas membenarkan beberapa AC yang pengadaan tahun 2019 di ruangan pasien mengalami kerusakan.”Iya benar beberapa AC yang pengadaanya 2019 sudah rusak,” ujarnya.

Namun, Feri berdalih rusaknya AC itu di karenakan faktor pemakaian.”Karena pemakaian,” pungkasnya.(Eeng/Maryadi)

Komentar