oleh

Bayi 10 Bulan dan Ibunya Positif Corona

Harianpilar.com, Lampung Utara – Virus corona disease (Covid) 19 menyasar seorang ibu dan bayinya yang masih berumur sepuluh bulan di Lampung Utara (Lampura). Keduanya menjadi bagian dari sembilan kasus baru pasien positif Covid-19 yang ditemukan oleh Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Lampura pada Selasa (13/10/2020).

Ketua Sekretariat Posko Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Lampung Utara, Sanny Lumi, mengatakan, terdapat sembilan kasus baru ditemukan ‎hari ini (kemarin. Dua di antaranya ibu dan bayinya umur 10 bulan.”Ibu itu berinisial MP (33) dan bayinya berinisial ZAA. Keduanya berasal dari Kecamatan Kotabumi Selatan. Paparan virus didapat mereka dari pasien positif sebelumnya yang sempat bepergian ke Jakarta,” terangnya.

Tujuh kasus lainnya ialah ‎NU (perempuan berusia 60 tahun dari Abungtinggi), LM (perempuan ‎dengan usia 19 tahun asal Abung Selatan), SH (laki – laki berusia 63 dari Kotabumi). Kemudian, Su (laki – laki dengan umur 60 tahun juga dari Kotabumi Selatan). Selanjutnya, ‎AM (laki – laki berusia 35 tahun dari Abungkunang), Se (laki – laki 35 tahun juga dari Abungkunang), terakhir Ju (laki – laki berusia 66 tahun dari Kotabumi Selatan.

Asal paparan Covid-19 yang diidap oleh ketujuh warga tersebut dari kontak dengan pasien positif sebelumnya dan memiliki riwayat perjalanan ke luar daerah. Untuk kasus yang memiliki riwayat perjalanan luar daerah terjadi pada NU. “Nu sempat menghadiri hajatan kerabatnya di Bandarlampung pada 30 September lalu,” kata dia.

Sementara untuk kasus yang berasal dari kontak erat dengan pasien positif sebelumnya terjadi pada LM, SH, JU, AM, dan Se. Untuk kasus LM, paparan virus didapatnya dari pasien positif asal Kotabumi Selatan. Sementara paparan virus terhadap pasien SH sama dengan kasus ibu dan bayi sepuluh bulan itu.

Untuk kasus AM dan Se, keduanya terpapar virus dari pasien positif sebelumnya yang diketahui pernah bepergian ke Jakarta. Sementara Ju didiuga terpapar virus dari tenaga kesehatan yang sebelumnya dinyatakan positif Covid-19.”Kalau untuk pasien SU‎ masih ditelusuri asal paparannya. Baik Su dan ke-8 pasien lainnya mengisolasi diri secara mandiri,” pungkasnya.

Sementara itu, berdasarkan data Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Provinsi Lampung bertambah sebanyak 33 kasus baru. Sehingga total akumulasi konfirmasi Covid-19 di Lampung berjumlah 1.204 kasus. 854 yang dinyatakan sembuh dan 47 meninggal dunia. Jumlah kasus suspek 53 kasus.

Tambahan 33 kasus kali ini dari Kota Bandar Lampung 21 kasus, dari Lampung Tengah, Lampung Utara dan Tanggamus 3 kasus dan Kabupaten Lampung Selatan, Tulang Bawang dan Pringsewu masing-masing 1 kasus.

Dari 33 kasus kali ini ada 16 orang merupakan kasus baru dan 17 orang diperoleh dari hasil tracing. Selanjutnya, ada 10 orang yang menjalani perawatan di ruang isolasi dan 23 orang menjalani isolasi mandiri.(Iswanto/Maryadi)

Komentar