oleh

ADD Lampura Tahun 2020 Masih Nunggak Tiga Bulan

Harianpilar.com, Lampung Utara – Tunggakan tiga bulan Alokasi Dana Desa (ADD) tahun 2020 ‎kepada pemerintahan desa segera disalurkan oleh Pemkab Lampung Utara. Tunggakan yang akan disalurkan itu ialah ADD untuk bulan Juli – September 2020.

“Alokasi Dana Desa sudah bisa dicairkan sepanjang ada berkas yang masuk dari desa,” jelas Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Lampung Utara, Desyadi, Senin (12/10/2020).

Kegunaan ADD sendiri di antaranya untuk ‎meningkatkan penyelenggaraan pemerintah desa dalam melaksanakan pelayanan pemerintahan, pembangunan, dan kemasyarakatan sesuai kewenangannya. ADD juga untuk meningkatkan kemampuan lembaga kemasyarakatan di desa dalam perencanaan, pelaksanaan, dan pengendalian pembangunan secara partisipasi sesuai dengan potensi yang dimiliki oleh desa.

“Harapannya, pemerintahan desa segera menyampaikan pengajuan pencairan ADD supaya dapat disalurkan dengan segera,” kata dia.

Di tempat berbeda, Kepala Bidang Pemerintahan Desa DPMPD Lampung Utara, R. Habibie membenarkan bahwa ‎telah mendengar kabar bahwa ADD siap disalurkan ke berbagai desa. Kabar itu telah mereka sampaikan ke desa – desa yang ada.

“Kabar itu sudah kami informasikan ke desa – desa,” terangnya.

Deng‎an penyampaian kabar itu diharapkan pihak desa akan segera mengajukan berkas pencairan ADD pada mereka. Berkas itu akan segera diproses untuk dipastikan kelengkapannya. Setelah lengkap maka akan disampaikan ke BPKA untuk diproses. “Perbulannya ADD itu mencapai Rp7-8 Miliar,” ujar dia. (Iswanto/Maryadi)

Komentar