oleh

Warga Minta Bupati Terpilih Kembalikan Keindahan Sungai Way Umpu

Harianpilar.com, Blambangan Umpu – Masyarakat Kecamatan Blambangan, Umpu Kabupaten Waykanan meminta siapun yang nantinya terpilih menjadi Bupati Waykanan di Pilkada 9 Desember mendatang dapat mengambilkan keindahan Sungai Way Umpu seperti puluhan tahun yang lalu.

Bilamana puluhan tahun yang lalu selain air sungai Way Umpu dapat dimamfaatkan untuk MCK juga bisa dimanfaatkan untuk ngabuburit bila musim kemarau. “Kini setelah banyak penambang mas ilegal, air tersebut tidak lagi dapat dilakukan,” tegas Sukirman warga Kelurahan Blambangan Umpu kepada wartawan ini kemarin (23/09/2020).

Dikatakannya saat ini air sungai Way Umpu tidak lagi dapat dimanfaatkan kerena selain kondisinya yang keruh bagaikan kubangan kerbau, air sungai Way Umpu juga diduga mengandung bakteri yang berbahaya untuk kesehatan. Padahal air sungai Way Umpu sangat dibutuhkan masyarakat yang tinggal dibantaran sungai Way Umpu.

Oleh karena itu, ia meminta kepada siapapun calon yang terpilih menjadi Bupati Waykanan dapat kembalikan pungsi Sungai Way Umpu.

Hal senada Juga diungkapkan Kemis (36) yang tinggal di bantaran sungai Way Umpu. “Kami meminta untuk pemerintah dapat peduli atas kerusakan ekosistem yang terjadi pada Sungai Wayumpu,” katanya.

Sementara itu Sarpin yang berpropesi sebagai pemancing ikan mengatakan sejak menjamurnya tambang liar di Sungai Way Umpu membuat pendapatannya menjadi berkurang deraktis.

Pasalnya, keruhnya Sungai Way Umpu menjadi kendala untuk memancing untuk mencari nafkah. “Namun anehnya walaupun fenomena ini sudah berlangsung cukup lama, Pemerintah Waykanan sepertinya tutup mata,’’ ujarnya. (Eeng)

Komentar