oleh

Stok Darah di PMI Lampura Menurun

Harianpilar.com, Lampung Utara – Palang Merah Indonesia (PMI) Lampung Utara mengimbau warga untuk tidak ragu mendonorkan darahnya meski pandemi Covid-19 masih berlangsung. Protokol kesehatan ketat tetap akan diberlakukan sebelum proses donor dilakukan.

“Protokol kesehatan yang ketat tetap dijalankan. Jadi, jangan khawatir dan ragu untuk mendonorkan darah,” kata Ketua PMI Lampung Utara, Maya Natalia Manan, Selasa (22/09/2020).

Maya mengatakan, jumlah stok darah saat ini mengalami penurunan akibat masih berlangsung pandemi Covid-19. Alhasil, pihaknya terpaksa menyiapkan strategi lainnya untuk mengatasi persoalan itu. Strategi ialah meminta bantuan pada pihak keluarga pasien dan mencari para pendonor lainnya.

“Posko PMI dan mobil keliling donor darah disiapkan untuk para pendonor,” jelasnya.

Adapun mekanisme yang harus dilalui setelah proses pendonoran selesai ialah memeriksa kembali darah tersebut. Pemeriksaan itu untuk memastikan bahwa darah itu benar – benar bebas dari penyakit.

“Jadi, tidak serta merta darah yang baru didapat itu langsung ditransfusikan ke pasien,” ucap dia.

Ia berharap, imbauan yang disampaikannya itu dapat menepis keraguan warga khususnya mereka yang memang rutin mendonorkan darah kepada PMI. Dengan demikian, stok darah akan tetap tercukupi untuk orang yang membutuhkannya.

“Jangan lupa untuk tetap gunakan masker saat mendonorkan darah,” katanya.( Isean) .

Komentar