oleh

Zulkifli Anwar Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan

Harianpilar.com, Pesawaran – Anggota Komisi II DPR RI Zulkifli Anwar melakukan sosilisasi empat pilar kebangsaan di Kecamatan Waylima Kabupaten Pesawaran, Rabu (16/09/2020). Mantan Bupati Lampung Selatan (Lamsel) dua periode ini menyatakan kegiatan itu tidak terkait dengan politik menjelang Pilkada serentak Desember mendatang.

Hadir pada kegiatan tersebut Camat Waylima, Kapolsek kedondong, Danramil Kedondong, dan kades seluruh kecamatan Waylima, para anggota BPD, unsur Guru dan perwakilan tokoh masyarakat se-Kecamatan Waylima.

Menurut Zulkifli Anwar, empat pilar kebangsaan adalah empat landasan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara yang terdiri dari landasan ideologi, konstitusi, persatuan dan kesatuan dan semangat keberagaman sebagai modal sosial membangun kekuatan bangsa. Dimana 4 pilar kebangsaan tersebut melingkupi pancasila, UUD 45, Negara Kesatuan RI dan Bhinneka Tunggal Ika. Dan kewajiban mensosilisasikan 4 pilar kebangsaan ini tertuang berdasarkan amanat pasal 5 huruf a dan b, undang -undang nomor 17 tahun 2014 sebagaimana telah diubah dengan undang -undang nomor 42 tahun 2014 tentang MPR, DPR DPD, dan DPRD (MD3).

“Sengaja DPR RI turun untuk sosialisasi guna mengingatkan kembali kepada masyarakat, bukannya masyarakat tidak faham,  namun supaya jiwa korsa lebih mendalam terhadap 4 pilar kebangsaan ini,” ujar politisi senior Partai Demokrat ini.

Terkait kehadirannya di Bumi Andan jejama ini, Anggota DPR RI asal Dapil Lampung I ini menegaskan, tidak dicampur adukkan dengan kondisi politik Pesawaran. Mengingat Pesawaran pada Desember mendatang akan melaksanakan pilkada serentak. Dimana, calon bupati Pesawaran incumben Dendi Ramadhona Kaligis kembali mencalonkan diri untuk kedua kalinya.

“Saya tidak masuk ke ranah (Pilkada) itu, pesan saya selaku Komisi II jangan pecah silaturahmi karena politik, dan jangan sampai terpecah belah, jangan sampai terprovokasi karena politik, itu pesan saya untuk pilkada Pesawaran,” tandasnya.

Sekedar diketahui, dikesempatan tersebut anggota DPRRI, Zulkifli Anwar selain membagikan buku panduan lisensi tentang 4 pilar kebangsaan juga memberikan doorprice kepada peserta kegiatan sosialisasi.(Fahmi/Wahyudi/Maryadi)

Komentar