oleh

Kasus Covid-19 di Tanggamus jadi 19 Orang

Harianpilar.com, Tanggamus – Kasus pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Tanggamus bertambah 19 orang, Selasa (15/09/2020). Dimana dari hasil tracing Pasien 05 dan Pasien 06, terdapat 19 orang positif, 2 orang negatif dan 1 orang masih menunggu hasil dari Labkesda Provinsi Lampung. Sehingga saat ini di Kabupaten Tanggamus terdapat 25 kasus konfirmasi positif, dengan 3 orang sembuh, 2 orang meninggal dan 20 lainnya masih dalam perawatan.Selanjutnya kami telah melakukan tracing terhadap kontak erat dari 19 pasien positif yang ada. Tentunya ini menjadi keprihatinan kita bersama, agar jangan sampai Covid 19 ini menyebar dan menjangkiti lebih banyak lagi masyarakat di Kabupaten Tanggamus.

Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Tanggamus Drs. Hamid Heriansyah Lubis, M.Si mengatakan sebagai upaya percepatan penanganan Covid 19 di Kabupaten Tanggamus, Gugus Tugas Covid 19 Kabupaten Tanggamus telah mengambil langkah-langkah strategis sebagai upaya percepatan penanganan Covid 19. Baik melalui langkah-langkah konkrit yang telah dan akan terus dilakukan, maupun melalui kebjakan yang nantinya akan diterapkan di wilayah Kabupaten Tanggamus.

Kemarin, kata dia pada Selasa (15/09/2020) Gugus Tugas Covid 19 Kabupaten Tanggamus telah melaksanakan Rapat Koordinasi dalam rangka memperjelas dan mensosialisasikan Peraturan Bupati (Perbup) Tanggamus Nomor 55 Tahun 2020 tentang Pedoman Adaptasi Kebiasaan Baru Menuju Masyarakat Produktif dan Aman Covid 19 di Kabupaten Tanggamus. Perbup ini diterbitkan sebagai upaya penanggulangan/penanganan guna memutus mata rantai penularan Covid 19, yang dilaksanakan secara menyeluruh dari berbagai aspek, yang meliputi aspek penyelenggaraan kesehatan, pemerintahan, ekonomi dan sosial budaya. Dimana upaya tersebut dilakukan dengan adaptasi kebiasaan baru menuju masyarakat yang produktif dan aman terhadap Covid 19.

Adapunhasil rapat telah melahirkan Maklumat Gugus Tugas Covid 19 Kabupaten Tanggamus Nomor : 01/Gustu Covid-19/IX/2020 yang berisi: pertama, mensosialisasikan dan menegakkan Peraturan Bupati Tanggamus No. 55 Tahun 2020 tentang  Pedoman Adaptasi Kebiasaan Baru Menuju Masyarakat Produktif dan Aman Covid 19, yang didalamnya mengatur penerapan disiplin dan sanksi sosial bila terjadi pelanggaran Protokol Kesehatan .

Kedua, menghimbau dan meminta seluruh kegiatan keramaian dan kerumunan baik yang dilakukan oleh pemerintah, institusi vertikal dan masyarakat, untuk ditiadakan selama 14 hari kedepan, terhitung mulai hari ini Rabu tanggal 16 September 2020.

Ke tiga, kegiatan Belajar Mengajar tetap dilakukan melalui daring/virtual sampai batas waktu yang belum ditentukan. Ke empat, melakukan tracing dari Pasien 07s/d 025 dengan rapid tes dan Swab pada keluarga kontak dan membatasi interaksinya sampai hasil tes rapid atau Swab diterima. Ke lima,  melaksanakan  rapid test masal di Pasar Kota Agung pada tanggal 17 September 2020 dengan sasaran 500 pengunjung atau warga pasar terutama lingkungan sekitar pasien 06.

Kemudian ke enam, mengoptimalkan tenaga laboratorium kesehatan untuk pelaksanaan Rapid dan Swab. Ke tujuh, memaksimalkan fungsi surveliance untuk mendeteksi penyebaran di masyarakat dan fasilitas kesehatan. Ke delapan, Polres Tanggamus selama masa pandemic Covid-19 tidak akan memberikan ijin keramaian. Ke sembilan, mengoptimalkan Tim Gabungan dalam penerapan dan pelaksanaan Perbup. No 55 Tahun 2020 tentang Pedoman Adaptasi Kebiasaan Baru Menuju Masyarakat Produktif dan Aman Covid -19.

Lalu ke 10, pelaksanaan peribadatan di tempat ibadah tetap mengikuti protokol kesehatan. Ke 11, Pemerintah Daerah akan mengoptimalkan pemasangan banner dan baliho yang berkaitan dengan himbauan pemakaian masker, cuci tangan pakai sabun dan menjaga jarak. Ke 12, Efektivitas Pelaksanaan Peraturan Bupati Tanggamus No. 55 Tahun 2020 akan dievaluasi setelah 14 hari oleh Gugus Tugas dan Pemerintah Daerah. Ke 13, menginstruksikan seluruh jajaran Pemerintah Daerah, hingga tingkat Kelurahan dan Pekon untuk berperan serta dalam mensosialisasikan memakai masker, cuci tangan pakai sabun dan menjaga jarak.

“Kami juga mencanangkan jargon “Jumawas Terhadap Covid-19” untuk dijadikan pedoman bagi masyarakat Kabupaten Tanggamus,” katanya.

Selanjutnyadengan kondisi ini, kembali dia meminta kepada masyarakatagar lebih meningkatkan disiplin penerapan protokol kesehatan. Selalu pakai masker, sering cuci tangan pakai sabun, jaga jarak, hindari kerumunan serta makan makanan bergizi, istirahat yang cukup, olahraga teratur dan jangan stres.

“Mari Jaga diri kita, jaga keluarga kita serta orang-orang terdekat kita dari penularan Covid 19. Selain itu, mari kita terus berdoaagarpara Pasien Positif Covid 19 mendapatkan kesembuhan, dan kita semua senantiasa diberikan kesehatan dan kekuatan sertapandemi Covid 19 ini segera berakhir.Aamiin ya Robbal Aalamiin,” tukasnya.(Ron/Mar)

Komentar