oleh

Polres Waykanan Siap Gelar Operasi Mantap Praja 2020

Harianpilar.com, Blambangan Umpu – Mengedepankan upaya preemtif dan preventif, jajaran Kepolisian Resor (Polres) Waykanan siap melaksanakan Operasi Mantap Praja Krakatau 2020.

“Dalam pelaksaan operasi ini kita lebih mengedepankan preemtif atau memberikan konsultasi dan preventif (pengawasan) dalam menjalankan operasi kepolisian mendatang,” ujar Kapolres AKBP binsar Manurung saat membuka Pra-Operasi Mantap Praja Krakatau, di Gedung Serba Guna Pesat Gatra Polres Waykanan, Rabu (02/09/2020).

Menurut dia, menghadapi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak mendatang perlu meningkatkan kemampuan serta profesionalitas fungsi teknis kepolisian dalam menjaga situasi Kamtibmas. Sehingga, dengan adanya pra operasi kita bisa mulai menyiapkan segala aspek yang dibutuhkan dalam pengamanan pada pelaksanaan Pilkada 9 Desember mendatang.

Kapolres menjelaskan, terkait perkembangan situasi politik, fungsi intelijen agar meningkatkan deteksi dini sehingga dapat mengetahui perkembangan guna menentukan langkah yang akan diambil dalam pengamanan..

Kapolres berharap seluruh Satgas yang terlibat dalam Operasi Mantap Praja Krakatau dapat memahami tugas dan tanggung jawabnya masing-masing sehingga berpedoman jelas dalam melakukan tindakan di lapangan.

“Tak hanya itu, personel yang terlibat juga untuk menjaga kesehatan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan di tengah Pandemi Covid-19  dan jaga netralitas,” imbau AKBP Binsar Manurung.

Menjelang Pilkada Waykanan, Kasat Intelkam Iptu Dony Oktarizal mengatakan anggotanya akan lebih meningkatkan deteksi dini dan penggalangan terhadap tokoh politik, masyarakat, agama dan pemuda. Dia juga berharap bersama Bhabinkamtibmas aktif melakukan pembinaan dan penyuluhan dengan melaporkan setiap situasi yang berkembang kepada pimpinan secara berjenjang.

Selain itu, Sat Intelkam telah memetakan kerawanan disetiap kampung dengan klasifikasi Aman berjumlah 948 TPS, Rawan berjumlah 40 TPS (Kriteria: basis massa, berpotensi konflik sosial, DPT maksimal, TPS Terisolir/ akses jalan rusak).

Sementara, untuk klasifikasi ‘Sangat Rawan’ berjumlah tiga TPS (kriteria: sejarah konflik pemilu, DPT maksimal, basis pendukung paslon, TPS terisolir /menyeberangi sungai).

Kabag Ops Polres Waykanan Kompol Suharjono menyampaikan, jajaran dibantu instansi terkait serta mitra kamtibmas lainnya dalam menyelenggarakan operasi kepolisian kewilayahan dengan sandi “Mantap Praja Krakatau-2020”.

Operasi ini, mengedepankan kegiatan Preemtif dan Preventif didukung oleh kegiatan intelijen, penindakan, dan penegakan hukum (gakkum).

Kegiatan Lat Pra Ops Mantap Praja Krakatau 2020 dipimpin Kapolres AKBP Binsar Manurung, SH, S.IK.M.Si yang dihadiri Wakapolres Kompol Fany Indrawan, pejabat utama, pada Kasat, Kapolsek dan anggota Polres Waykanan.(Eeng)

Komentar