oleh

Disnakertrans Tuba Bakal Verifikasi Tegana Honorer

Harianpilar.com, Tulangbawang – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Tulangbawang (Tuba) akan melakukan verifikasi terhadap honorer Pemkab Tulangbawang, untuk mendapatkan subsidi senilai Rp600 ribu dari Kementrian Tenaga Kerja.

Kepala Disnakertrans Tulangbawang Nurmansyah melalui Kabid Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Andri, Rabu (12/08/2020).Mengatakan Kementerian Ketenagakerjaan baru-baru ini mengeluarkan kebijakan bantuan subsidi gaji untuk pegawai non ASN atau tenaga honorer.

Nilai subsidi tersebut sebanyak Rp600 ribu per bulannya. Bantuan ini berdasarkan Perpres 82 Tahun 2020, Subsidi tersebut diperuntukan untuk karyawan swasta yang memiliki berpenghasilan di bawah Rp5 juta.

Syaratnya pun sama, Tenaga honorer yang ingin mendapatkan subsidi gaji dari Pemerintah harus memiliki kartu BPJS Ketenagakerjaan, nomor rekening aktif, NIK, dan data diri lainnya.

“Saat Kami sedang melakukan rekap data anak-anak honorer yang memiliki kartu BPJS Ketenagakerjaan untuk diusulkan,” kata Andri

Dia juga mengatakan bagi tenaga honorer yang belum memiliki kartu, mereka diminta segera mengurus ke Disnakertrans Tulangbawang. Atau kantor BPJS Ketenagakerjaan terdekat.

Meski begitu, Andri merekomendasikan pembuatan kartu BPJS Ketenagakerjaan tenaga honorer Pemda Tulangbawang melalui Disnakertrans.

Berdasarkan data dari Badan Kepegawaian, Pendidikan, dan Pelatihan (BKPP) Tulangbawang, saat ini tercatat ada 1.530 tenaga honorer.

Tenaga honorer di Tulangbawang sendiri didominasi oleh tenaga pendidik atau guru dengan jumlah 1.441 orang. Sisanya terbagi untuk honorer Pemda dan honorer tenaga kesehatan.

“Karena premi tenaga honorer kita dibayarkan oleh pemerintah daerah. Kalau umum mungkin bisa lebih mahal,”Kata Dia

Andri juga mengatakan dalam proses pengumpulan syarat subsidi gaji ini, pemerintah daerah hanya bertugas mengusulkan. Sementara persetujuannya kewenangan pusat. (Rizal)

Komentar