oleh

Pemkot Bandarlampung Sosialisasikan Buku Adminduk

Harianpilar.com, Bandarlampung – Pemerintah Kota (Pemkot)  Bandarlampung menggelar sosialisasi Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) nomor 109 Tahun 2019 Tentang Formulir dan Buku yang digunakan dalam Administrasi Kependudukan (Adminduk).

Dalam sosialisasi tersebut dihadiri oleh Camat dan Lurah se-Kota Bandarlampung yang berlangsung di Gedung Semergou kota Bandarlampung, pada Selasa (28/07/2020).

Walikota Bandarlampung, Herman HN mengatakan, Permendagri ini terkait membahas masyarakat bisa mencetak sendiri dokumen adminduk yang diperlukan di kecamatan atau rumah.

“Pemuktahiran data kependudukan maksimal dua tahun sekalilah, kalau tiap tahun repot nanti,” ungkapnya, Selasa (28/07/2020).

Ditempat yang sama, Kepala Disdukcapil Kota Bandarlampung, Ahmad Zainuddin mengatakan, kota Bandarlampung sudah siap dalam melaksanakan Permendagri pada tanggal 1 Juni 2020.

“Isinya adalah pergantian buku atau blangko yang dulu untuk percetakan suatu kegiatan, perbaikan, dan perubahan dokumen kependudukan sudah disiapkan percetakan dengan warna tertentu, dengan hologram. Saat ini memakai kertas putih polos 80 gram ukuran A4, artinya bisa dikerjakan kapan saja dengan pengamanan pada barkot dan TTI,” terangnya.

Zainuddin menambahkan, pada kesempatan ini pak walikota juga memerintahkan Disdukcapil Kota Bandarlampung untuk sekaligus melaksanakan validasi.

“Yang tadinya sudah meninggal tapi belum divalidasi, kita akan validasi melalui camat dan lurah, dan untuk yang sudah menikah akan kita pecahkan KK nya serta akan kita beritahu caranya,” tandasnya. (Harry)

Komentar