oleh

Pemda Diminta Lunasi Transfer Dana Pilkada pada 15 Agustus

Harianpilar.com, Bandarlampung – Pemerintah daerah (Pemda) diminta untuk segera melakukan pelunasan transfer dana pilkada serentak 2020. Setidaknya paling lambat 15 Agustus 2020 ini.

Hal itu disampaikan oleh Ketua KPU Provinsi Lampung, Erwan Bustami menanggapi masih adanya sejumlah pemda yang belum melunasi transfer dana pilkada, Selasa (28/07/2020).

Dikatakannya, dari 8 daerah yang akan melaksanakan pilkada, baru tiga pemda yang sudah 100 persen merealisaskan anggaran pilkada. Yakni Kota Metro, Lampung Selatan, dan Lampung Timur. “Sementara yang lainnya baru belum capai 100 persen realisasi anggarannya,” ucapnya.

Dirincikannya, seperti di Pilkada Bandarlampung baru 41, 03 persen, Lampung Tengah 90 persen, Lampung Timur 100 persen, Pesawaran 93, 38 persen, Pesisir Barat 41, 18 persen, Way Kanan 58, 16 persen

“Jadi jika diakumulasi keselurahannya, total anggaran yang sudah terealisasi di 8 daerah yang akan pilkada ini baru 80, 25 persen,” ungkapnya.

Kendati demikian, Erwan mengaku tetap optimis semua daerah bisa melaksanakan tahapan sesuai regulasi yang telah ditetapkan.

“Kita tetap optimis bahwa pemerintah didaerah memnuhi anggran yang sudah di NPHD maupun yang telah di adendum. Pada pilkada lanjutan ini kabupaten/kota tersebut mendapatkan tambahan anggaran juga ada yang mendapatkan hibah APD dari pemerintah daerah, ” kata dia.

Untuk itu, KPU Provinsi Lampung akan terus menyoroti realisasi anggaran pilkada serentak 2020 di delapan kabupaten/kota. Dengan melakukan monitoring dan asistensi.

“Yang jelas, KPU Provinsi Lampung terus melakukan monitoring dan asistensi terkait anggaran pilkada di 8 KPU kabupaten/kota,” pungkasnya. (Ramona)

Komentar