oleh

Ketua Tim Penggerak PKK Tanggamus Lantik Enam Ketua TP PKK Kecamatan

Harianpilar.com, Tanggamus – Ketua Tim Penggerak PKK Tanggamus Hj. Sri Nilawati melantik enam Ketua TP PKK Kecamatan di Aula Gedung PKK Tanggamus, Selasa (28/07/2020).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Wakil Bupati Hi AM Syafi’i, para Kepala OPD, para Camat serta jajaran Pengurus TP PKK Kabupaten dan Ketua TP PKK Kecamatan se Kabupaten Tanggamus.

Adapun keenam Ketua TP PKK Kecamatan yang dilantik, yakni Ketua TP PKK Kecamatan Bulok, Kecamatan Sumberejo, Kecamatan Kelumbayan, Kecamatan Wonosobo, Kecamatan Cukuh Balak dan Kecamatan Kota Agung.

Ketua TP PKK Tanggamus Hj Sri Nilawati Syafi’i dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada Ketua TP PKK Kecamatan yang dilantik.

Sri berharap para Ketua TP PKK Kecamatan yang baru dilantik dapat segera menyusun program kerja dan dapat menyesuaikan dengan tugasnya masing-masing.

Lanjut Sri, keberhasilan pelaksanaan program PKK sangat ditentukan oleh adanya keterpaduan antara gerakan keswadayaan dan partisipasi masyarakat, dengan bimbingan dan fasilitas teknis dari berbagai instansi lembaga terkait selaku pembina Tim Penggerak PKK.

“Oleh karena itu program-program Pemerintah Daerah yang berkaitan langsung dengan peran serta masyarakat, sewajarnya dapat melibatkan peran dari Tim Penggerak PKK,” kata Sri.

Sri juga meminta jajaran TP PKK Kabupaten Tanggamus, senantiasa bekerja dengan semangat relawan dan tanpa pamrih, terus belajar dan mengembangkan jaringan dan kerjasama.

“Jangan pernah lelah untuk selalu menimba ilmu, karena perkembangan ilmu dan teknologi pada dewasa ini menuntut kita untuk selalu menyesuaikannya, dan kembangkan terus jaringan kemitraan dan kerjasama dengan berbagai pihak untuk kelangsungan program program PKK,” pungkasnya.

Sementara Wakil Bupati Hi AM. Syafi’i dalam sambutannya menyampaikan selamat dan sukses Kami ucapkan kepada para Ketua TP PKK Kecamatan yang baru dilantik. Wabup juga berharap jajaran TP PKK senantiasa ikhlas dalam mengemban amanah yang telah dipercayakan.

“Tugas Ketua TP PKK Kecamatan cukup berat. Karena harus berbagi tugas, selain sebagai ibu rumah tangga, juga sebagai istri dari Pejabat Pemerintahan dalam hal ini sebagai istri Camat. Mendampingi tugas suami selaku kepala pemerintahan di kecamatan merupakan tugas yang melekat pada ibu-ibu sekalian. Memotivasi, memberi dorongan dan terkadang turut serta dalam tugas sosial kemasyarakatan suami selaku Camat.”

“Ini merupakan tugas mulia, walaupun belum tentu pak Camat akan turut serta dalam tugas-tugas ibu dalam mengelola PKK Kecamatan atau membimbing PKK Pekon. Inilah bentuk kemuliaan seorang istri Camat,” ujar Wabup.

Wabup juga meminta kepada Ketua TP-PKK Kecamatan agar dapat membuat kegiatan PKK di tingkat Kecamatan dan Pekon agar dapat lebih terarah dan menyentuh berbagai kepentingan keluarga dan masyarakat.

“Tugas lain dari Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan yaitu terus memotivasi, membimbing, dan membina TP PKK Pekon beserta para kadernya, sehingga lebih berdayaguna dalam melaksanakan tugas dan fungsinya. Karena TP-PKK Pekon merupakan unit PKK yang langsung bersentuhan dengan masyarakat di tingkat Pekon,” imbuhnya.

Menutup sambutannya Wabup menyampaikan apresiasinya atas peran dan prestasi TP PKK Tanggamus selama ini.

“Sejauh ini TP-PKK Kabupaten dan Kecamatan telah berperan aktif dalam kegiatan Upaya Kesehatan Bersumberdaya masyarakat (UKBM) melalui Posyandu, Bhakti Sosial pemberian sembako bagi warga yang tidak mampu dan yang terdampak Covid-19, ikut serta dalam upaya pencegahan penyebaran Virus Corona, pencegahan Stunting pada anak balita dan kegiatan-kegiatan lain dalam upaya mensukseskan pembangunan di Kabupaten Tanggamus.”

“Banyak prestasi yang telah diraih serta keberhasilan yang diupayakan oleh PKK Kabupaten Tanggamus disokong oleh TP-PKK Kecamatan sampai dengan Pekon. Untuk itu sekali lagi, Saya beri apresiasi dan penghargaan yang tinggi kepada seluruh Kader PKK diberbagai tingkatan di Kabupaten Tanggamus,” pungkasnya. (Ron/kominfo)

Komentar