oleh

Anggaran Penanganan Covid-19 Pemkab Lampura Membengkak

Harianpilar.com, Lampung Utara – ‎Besaran dana penanganan Covid-19 yang dipersiapkan oleh Pemkab Lampung Utara ternyata terus membengkak. Semula hanya Rp35 miliar, kini naik menjadi Rp57,5 miliar.

“Anggaran penanganan Covid-19 mencapai Rp. 57,7 miliar,” kata Pelaksana Tugas Bupati Lampung Utara, Budi Utomo, Senin (20/07/2020).

‎Anggaran – anggaran itu bersumber dari Belanja Tak Terduga (BTT) sebesar Rp35, 1 miliar dan Belanja Langsung di Dinas Kesehatan, BPBD, Dinas Perumahan dan Permukiman serta Kecamatan sebesar Rp22,4 miliar.

“Realisasi anggarannya (sudah) sebesar Rp13,1 miliar,” terangnya.

‎Anggaran penanganan COVID-19 yang telah terealisasi itu berasal dari Belanja Tak Terduga sebesar Rp5,2 Miliar dan dari belanja langsung OPD sebesar Rp7,8 M.

Sebelumnya, persoalan mengenai berapa angka pasti besaran anggaran penanganan COVID-19 Lampung Utara sempat simpang siur. Bahkan, pihak Komisi II DPRD Lampung Utara terpaksa rapat bersama perwakilan eksekutif untuk memastikan besaran anggaran itu pada Kamis (25/06/2020).

Dalam rapat itu akhirnya diketahui anggaran penanganan COVID-19 berjumlah Rp35 Miliar. Anggaran yang telah dialokasikan ini diperoleh dari pemusatan ulang (refocusing) anggaran dari pelbagai instansi ditambah dana tidak terduga.

“Selama ini, anggaran penanganan COVID-19 Lampung Utara simpang siur. Ada yang bilang Rp32,2 M, dan ada yang bilang Rp21 M. Sekarang sudah jelas bahwa anggaran COVID-19 itu Rp35 Miliar,” jelas Ketua Komisi II DPRD Lampung Utara, Mulyadi saat itu.

Kepastian seputar besaran anggaran COVID-19 ini didapat setelah mereka rapat bersama dengan perwakilan eksekutif di antaranya dari Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset, Badan Penanggulangan Bencana Daerah.

“Dengan begini sudah jelas dan tidak ada lagi perdebatan mengenai besaran anggaran COVID-19,” tuturnya. (Iswan)

Komentar