oleh

PDIP Resmi Usung Loekman – Ilyas dan Pieter – Fahrurrazi

Harianpilar.com, Bandarlampung – Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) resmi merekomendasikan pasangan calon kepala daerah di Lampung Tengah dan Pesisir Barat, yang akan maju dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak tahun 2020. Untuk rekomendasi di Pesisir Barat, PDIP merekomendasikan Pieter dan Fahrurrazi. Untuk di Lampung Tengah, PDIP merekomendasikan pasangan Loekman Djoyosoemarto dan Ilyas Hayani Muda.

Pengumuman rekomendasi ini, diumumkan secara virtual oleh DPP PDIP. Sedangkan untuk penyerahan rekomendasi di calon kepala daerah Lampung Tengah dan, diserahkan di Kantor DPD PDIP Provinsi Lampung. Rekomendasi kedua calon ini, tertuang dalam nomor 1653/IN/DPP/VII/2020.

Sekretaris DPD PDIP Provinsi Lampung Mingrum Gumay mengatakan, pengumuman rekomendasi dari DPP PDIP gelombang kedua ini serempak diumumkan di 45 kabupaten/kota. Dalam merekomendasikan seorang pasangan calon, DPP PDIP ada beberapa parameter sebagai pertimbangan untuk mengambil keputusan.

“Termasuk juga terdapat variabel-variabel, dengan melihat peta politik di daerah. Kami melihat tiap kabupaten/kota punya keunikan sendiri. Lalu ketokohan pasangan calon dan faktor lainnya yang berbasis data base,” kata Mingrum Gumay saat jumpa pers di Kantor DPD PDIP Provinsi Lampung, Jumat (17/07/2020).

Selain itu dalam menentukan bakal calon, DPP PDIP akan mengutus kader terbaiknya dan meminta seluruh jajaran untuk bergerak bersama. Kemudian soal peta politik di suatu daerah yang berubah-ubah, PDIP tidak bisa berandai-andai dalam hal ini. “Perubahan peta politik, kami tidak bisa berandai-andai. Sebab ini pedomannya ada di DPP PDIP. Tapi kami harus mengikuti semua perkembangan dan melihat situasi kondisi daerah,” ujar Mingrum Gumay.

Dikesempatan yang sama, Petahana Bupati Lampung Tengah (Lamteng), Loekman Djoyosoemarto mengatakan jika perahu parpolnya sudah untuk mengusungnya maju pilkada serentak Desember mendatang.

“Untuk saat ini, perahu kita sudah cukup untuk mengusung maju. Jadi sekarang cukup PDIP dan Gerindra saja. Untuk yang lainnya kita lihat nanti saja,” ujarnya usai menerima rekomendasi PDIP di Kantor DPD PDIP Lampung, Jumat (17/07/2020).

Pasangan M. Ilyas Hayani Muda ini mengaku sebelumnya telah mendapat dukungan dari Partai Gerindra. Namun, politisi PDIP ini meminta kepada Partai Gerindra untuk menyerahkan rekomendasinya setelah PDIP.

“Rekomendasi dari partai Gerindra sebenarnya sudah lama ingin di keluarkan oleh DPP Gerindra, namun. Saya sengaja meminta untuk ditahan terlebih dahulu sebelum PDI Perjuangan mengeluarkan rekomendasi,” ungkapnya.

Lebih lanjut, dengan keluarnya rekomendasi PDIP dan Gerindra , dengan 17 kursi sudah cukup untuk mendaftarkan diri ke KPU. “Artinya, PDI Perjuangan sebagai partai pertama yang memberikan rekomendasi akan menjadi partai pengusung di susul Gerindra dengan total suara 17 kursi” tukasnya.

Sementara itu, Bakal calon bupati Pesisir Barat, Pieter tampaknya tengah mengincar dukungan partai politik untuk memperkuat koalisinya melawan petahana.

Setidaknya, ada tiga partai yang tengah didekatinya guna bergabung koalisi bersama PDI Perjuangan yang sudah resmi mengusungnya maju bersama Fahrurrazi. Ketiaga partai itu adalah Perindo, PBB, dan Demokrat.

“Kita PDIP di Pesibar kursi penuh dan bisa mengusung calon sendiri. Tapi kita tetap jalin komunikasi dengan partai lain untuk bisa gabung. Dan saat ini komunikasi dengan partai lain cukup baik dan intens adalah dengan Perindo, dan PBB. Sedangkan dengan Demokrat kita sedang bermusyawarah,” ujarnya usai menerima rekomendasi PDIP di Kantor DPD PDIP, Jumat (17/07/2020).

Ketua DPC PDIP Pesisir Barat ini juga mengucapkan terimakasih atas kepercayaan yang diberikan partainya untuk maju di Pilkada Pesibar.

“Ini adalah rekomendasi pertama yang kita terima. Yakni rekomendasi dari PDIP. Dan kita akan jaga amanah ini. Dan siap untuk memenangkan pilkada pesibar,” pungkasnya. (Ramona)

Komentar