oleh

Irham Siap Gandeng Semua Kader

Harianpilar.com, Bandarlampung – Irham Djafar Lan Putra mengungkapkan dirinya bakal menggandeng seluruh kader jika nantinya terpilih menjadi Ketua DPW PAN Lampung dalam Musyawarah Wilayah yang rencananya digelar pada Selasa (21/07/2020).

Hal itu diungkapkannya saat mengembalikan berkas pendaftaran calon Ketua DPW PAN Lampung di sekretariat bersama tiga calon formatur lainnya, Fitoni Hasan, Joko Santoso, dan Abdullah Sura Jaya, Senin (13/07/2020).

Dalam kesempatan itu, keempat formatur didampingi 13 DPD PAN Kabupaten/kota se-Lampung,  yang secara langsung menyatakan dukungannya kepada Irham Djafar Lan Putra sebagai ketua. Minus DPD PAN Tanggamus dan Pesawaran.

Menurutnya, munculnya calon formatur lain menjelang Muswil itu menunjukan bahwan PAN merupakan partai yang demokratis. “Munculnya paket formatur lainnya ini menunjukan kalau muswil PAN ini sangat demokratis. Artinya memberikan kesempatan yang sama kepada semua kader untuk mencalonkan diri jadi formatur,” ujarnya.

Kendati demikian, mantan Sekdaprov Lampung ini mengatakan, formatur itu nantinya dipilih melalui Muswil setelah dilakukan verifikasi berkas. “Nanti dalam Muswil ini memperebutkan 354 volunter (suara). Dimana satu suara dapat mengajukan empat nama calon formatur. Dari sini nanti akan dihitung dan diverifikasi mana yang terpilih jadi formatur,” jelasnya.

Dirinya juga menegaskan, mepersilahkan jika ada kader lainnya yang lebih baik dirinya untuk menjadi Ketua PAN Lampung. “Kalau ada yang lebih baik dari saya, kita dukung. Nggak usah saya maju, jika ada yang lebih bagus. Tapi jangan ada dusta diantara kita. Karena mereka saudara kita juga,” tegasnya.

Terkait hadirnya 13 DPD, menurut Irham, itu merupakan bentuk dukungan mereka kepada dirinya. Karena, sebelumnya 13 DPD sudah menandatangani petisi dukungan kepada dirinya.

“Kehadiran 13 DPD dan sejumlah DPC ini bukan saya mengajak. Saya hanya kasih informasi kalau kami mau daftar hari senin. Dan mereka jawab kami ikut. Ya silahkan. Ini bukan euforia semata. Tapi mengakomodir keinginan mereka. Untuk saya maju dan kawan saya jadi formatur. Nanti formatir yang milih kepengurusan,” jelasnya.

Dirinya berharap, pelaksanaan Muswil tidak bergeser dari jadwal yang sudah direncanakan pada Selasa (21/07/2020). Pada saat jelang muswil. “Waktunya belum ada keputusan dari DPP. Panitia sudah merancang tanggal 21 Juli, mudahan tidak bergeser. Menegenai waktu DPP bisa memberikan persetujuan pelaksaan Muswil. Dan Muswil seluruh indonesia ini ditarget selesai Juli. Tapi mungkin selesai Juli sampai Agustus ini,” tandasnya.

Sebelumnya, Musyawarah Wilayah Partai Amanat Nasional (PAN) Provinsi Lampung yang rencananya digelar Selasa (21/07/2020) dibanjiri calon ketua. Sedikitnya sudah 13 kader partai berlambang matahari itu mendaftar sebagai calon formatur sekaligus calon ketua DPW PAN Lampung. Menariknya dari ke-13 bakal calon formatur sudah mengerucut menjadi dua kubu.

Menurut  ketua panitia Muswil PAN Lampung Hj. Enita Agustri Niarsih, SH, merujuk AD/ART PAN bahwa Ketua PAN Lampung dipilih oleh formatur yang anggotanya lima orang. Yakni empat formatur dipilih oleh peserta Muswil dan satu lainnya utusan DPP PAN.  “Jadi misalnya ada 13 calon formatur, peserta Muswil memilih empat orang, dan empat calon peraih suara terbanyak itulah yang jadi formatur,” terang Enita.

Ditambahkan, setelah terpilih empat formatur maka ditambah satu utusan DPP mereka akan musyawarah menetapkan siapa-siapa yang dinilai paling tepat mengemban jabatan di struktur kepengurusan DPW PAN Lampung. “Jadi tidak serta merta dari empat orang formatur lalu peraih suara terbanyak ketua, peraih suara terbanyak kedua sekretaris dan seterusnya. Mereka musyawarah untuk menentukan siapa ketua, sekretaris, bendahara dan seterusnya,” urai  Enita.

Sekretaris panitia, Umroni menambahkan bahwa hingga kemarin sudah 13 kandidat mendaftar sebagai calon formatur. Mereka adalah Drs. H. Sukandi, M.Pd. (Mantan Kepala Kantor Kemenag Lamsel), Ir.H.Irham Jafar Lan Putra, M.H. (mantan Sekdaprov Lampung). Kemudian Joko Santoso, S.P., M.H.; H. Ahmad Fitoni; H. Abdullah Sura Jaya, S.H.; Yusirwan, S.E., M.H. dan Hi  Suprapto, SP.SI, M.H. (anggota DPRD Lampung F-PAN).

Lalu, Tedi Kurniawan, S.E. (Wakil Ketua DPRD Tanggamus/Ketua DPD PAN Tanggamus), Paisaludin, S.H. (Wakil Ketua DPRD Pesawaran/Ketua DPD PAN Pesawaran), Ahmad Naufal A. Caya dan Ananto Pratomo, S.H. (Wakil Sekretaris DPW PAN Lampung), serta Hj. Nyimas Gamesya Putri Agus, S.E, M.M. dan Hi. Hamrin Sugandi, S.E, M.H.

Disebutkan Umroni, dari ke-13 calon formatur lima diantaranya sudah mengembalikan berkas. Mereka adalah Hj. Nyimas G Putri A, S.E, M.M; Ahmad Naufal A. Caya; Tedi Kurniawan, S.E.; Paisaludin, S.H. dan Hi  Suprapto, SP.SI, M.H. Umroni menambahkan dirinya kemarin dikabari tim kandidat bahwa hari ini sedikitnya ada empat yang akan mengembalikan berkas, yakni  H. Ir. Irham Djafar Lan Putra, MH, H. Ahmat Fitoni, Joko Santoso, SP. MH  dan Sura Jaya, SH.

Sumber di DPW PAN Lampung menyebutkan bahwa  sebenarnya dari 13 calon formatur tersebut mengerucut menjadi dua faksi. Kelompok pertama Irham Djafar Lam Putra yang paket formaturnya Ahmat Fitoni, Joko Santoso dan Sura Jaya dan faksi kedua Tedi Kurniawan,  Suprapto, Paisaludin dan Yusirwan.

“Menariknya untuk di Lampung dipastikan tidak seperti Muswil di Jakarta yang kemarin digelar, calon formaturnya tunggal ya otomatis jadi ketuanya. Muswil Lampung DPP dalam hal ini Ketum Bang Zulkifli Hasan membebaskan kadernya untuk berdemokrasi secara baik maka yang daftar sudah 13 meski menjadi dua kekuatan,” terangnya tadi malam. (Ramona)

Komentar