oleh

WASPADA, Gelombang Kedua Corona

Harianpilar.com, Bandarlampung – Masyarakat harus mewaspadai terjadinya gelombang kedua corona virus disease (covid 19) dengan tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan. Gugus tugas percepatan penanggulangan covid 19 Provinsi Lamping telah menyiapkan beberapa langkah untuk menghadapi kemungkinan gelombang kedua itu.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung yang juga Juru Bicara Gugus Tugas, Dr.dr. Reihana, mengatakan, ada beberapa persiapan yang harus dilakukan untuk menghadapi serangan kedua dari pandemi Covid-19. Seperti meningkatkan kapasitas untuk mendeteksi. “Misal dengan melakukan perluasan tracing,” ujarnya, Rabu (08/07/2020).

Kemudian, lanjutnya, meningkatkan kapasitas protokol kesehatan dengan melakukan pengawasan ketat di pintu masuk Lampung.”Kapasitas merespon dengan menyiapkan fasilitas kesehatan yang baik,” terusnya.

Menurutnya, protokol kesehatan harus dilakukan dan terus menjadi komitmen bersama guna memutus mata rantai covid-19.
“Mutus mata rantai bisa efektif jika masyarakat patuhi protokol kesehatan. Seperti pakai masker, jaga jarak minimal 1 meter, cuci tangan pakai sabun,” tandasnya.

Dalam kesempatan ini, Reihana juga menyampaikan penambahan kasus covid 19 di Lampung.”Pasien terkonfirmasi positif covid bertambah satu. Pasien nomor 202, berusia 22 tahun, berjenis kelamin laki-laki dan berasal dari Bandarlampung. Saat ini pasien tengah dirawat di ruang isolasi di salah satu rumah sakit swasta di Bandarlampung,” terangnya.

Jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) berjumlah 3668 orang. Yang sudah selesai dipantau selama 14 hari 3585. Yang masih dalam pemantauan 73 orang. Dan ODP yang meninggal berjumlah 10 orang,.

Sementara untuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP) berjumlah 182 orang. Yang masih dalam perawatan di ruang isolasi berjumlah 5 orang. PDP yang meninggal berjumlah 145 orang. Dan PDP yang meninggal 32 orang.

“Positif bertambah satu, sehingga berjumlah 202 orang. Yang diisolasi 31 orang. Pasien positif yang meninggal 12 orang dan yang sembuh 159 orang. Dan angka kesembuhan saat ini berkisar 78.8 persen,” ungkapnya.

Jumlah pemeriksaan PCR atau swab saat ini sudah 2773 swab dan yang positif ada 184 swab. “Pada 7 Juli ini saja ada 23 hasil SWAB. Dan positif 1 orang,” pungkasnya.(Ramona/Maryadi)

Komentar