oleh

Yatin PS : Petugas Penyelenggara Pemilu Wajib Patuhi Protokol Kesehatan

Harianpilar.com, Pesawaran – Menghadapi Pilkada serentak 9 Desember 2020 dalam situasi kondisi Pandemi Coronavirus saat ini, KPU Pesawaran telah melakukan antisipasi, akan menerapkan protokol kesehatan kepada petugasnya, baik di tingkat  kabupaten, PPK, PPL sampai pada  Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP).

Menurut Ketua KPU Pesawaran, Yatin Putro Sugino, ada sebanyak 2009 petugas penyelenggara pemilihan di semua tingkatan yang akan bertugas di kabupaten setempat, wajib menerapkan protokol kesehatan.

“Kita wajibkan kepada semua petugas kita dilapangan untuk menerapkan protokol kesehatan. Sebelum bekerja harus pakai masker, cuci tangan dengan sabun dan menggunakan Hand Sanitayzer,” ucap Yatin, Selasa (07/07/2020)

Sedang terhadap para pemilih saat hari H pencoblosan ungkap Yatin, pihaknya tetap akan mengedepankan penerapan protokol kesehatan.

“Setidaknya kepada pemilih diwajibkan pakai masker. Kita juga nanti akan menyiapkan masker guna mengantisipasi pemilih yang tidak atau kelupaan membawa masker,” ujarnya

Juga sambungnya tidak menutup kemungkinan, pihaknya  akan menerapkan Rapid Test kepada semua petugas penyelenggara pemilihan. Tentunya ucap pria murah senyum ini, pihaknya akan berkordinasi terlebih dahulu dengan Dinas Kesehatan setempat, untuk penerapannya.

“Kita lagi berkordinasi dengan Diskes guna penerapan Rapid Test kepada semua petugas kita nanti. Kalo pun seandainya nanti tidak bisa dilaksanakan. Bisa saya pastikan penerapan protokol kesehatan itu hukumnya wajib bagi penyelenggara,” tegasnya.

Disinggung langkah yang akan diambil, terhadap penyelenggara Pilkada yang terbukti terpapar coronavirus ” Oh kalo itu, selain akan kita karantina, juga kepada bersangkutan pasti kita copot,” pungkasnya. (Fahmi)

Komentar