oleh

Puslatpurmar 8 Teluk Ratai bekali Satgasmar Pam Pulau Terdepan dengan pengetahuan Non Profesi

Harianpilar.com, Pesawaran – Lampung. Latihan Penyiapan Pratugas Satgas Marinir Pam Pulau Terdepan XXIV Wilayah Barat yang diselenggarakan oleh Puslatpurmar 8 Teluk Ratai di sekitaran pantai Caligi Kec. Teluk Pandan Pesawaran diisi dengan kegiatan/materi yang maksimal sampai pengetahuan di luar profesi Militer. Jum’at (26/06/2020)

Dalam Latihan kali ini selain  Pengetahuan Profesi Militer, Puslatpurmar 8 Teluk Ratai juga berkoordinasi dengan beberapa instruktur dari Dinas pemerintahan yang dibutuhkan untuk memberikan bekal pengetahuan penting yang berkaitan dengan penugasan ini, dinas terkait tersebut diantaranya dari Dinas Kelautan dan Perikanan, Pertanian atau Ketahanan pangan, BNN, Bea Cukai, Kehutanan dan Keimigrasian.

Komandan Puslatpurmar 8 Teluk Ratai, Letkol Marinir Data dalam hal ini selaku Waka Wasdal latihan Pratugas ini menyampaikan; “Materi – materi yang disampaikan Instruktur dari luar instansi militer ini sangat penting sebagai bekal prajurit nanti di penugasan, dimana daerah penugasan berbatasan langsung dengan negara tetangga, sehingga setiap personel Satgas harus mampu hadir menjadi perwakilan kedaulatan negara dalam menyelesaikan permasalahan yang muncul nantinya”.

Adapun yang sudah disampaikan para instruktur, dimulai dari pengenalan jenis – jenis Narkoba dan penanggulanganya, penanganan pelintas batas, pemeriksaan Paspor, kepabeanan barang – barang yang diperbolehkan diekspor dan import, barang – barang yang dikenakan cukai dan pita cukai serta cara pengecekan kapal sampai ke pembinaan Wilayah Maritim.

Prajurit Korps Marinir yang tergabung dalam Latihan Pra Satgas Pengamanan Pulau Terdepan XXIV ini kedepan akan bertugas di pulau terdepan diantaranya; Pulau Berhala, Pulau Rondo, Pulau Sekatung dalam rangka menjaga kedaulatan NKRI. (Manurung)

Komentar