oleh

PCR Beroperasi, 11 Sampel Negatif

Harianpilar.com, Bandarlampung – Pemerintah Provinsi Lampung sudah mulai mengoperasikan Polymerase Chain Reaction (PCR) di Balai Kesehatan Daerah (Balkesda) untuk mendeteksi corona virus disease (Covid 19). Dari 11 sample test swap yang diuji kesemuanya negatif.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, Dr.dr. Reihana, mengatakan, PCR yang ada di Provinsi Lampung sudah mulai beroperasi dan telah memeriksa 11 swab yang hasilnya negatif.”Jadi sudah mulai beroperasi sampai malam, saya mendapat laporan bahwa hasilnya setelah dilakukan swab 11 orang adalah negatif. Jadi akan tetap dilakukan pemeriksaan-pemeriksaan. Kita doakan saja dengan adanya PCR kita tidak perlu lagi mengirim ke luar kota, ada informasi juga di Palembang saat ini ada kerusakan sehingga kita juga sudah lama tidak lagi menerima hasil swab,” jelasnya, Rabu (13/05/2020).

Reihana meminta masyarakat agar tetap meningkatkan disiplin dalam menjaga jarak, disiplin dalam menjaga stamina tubuh, disiplin dalam menghindari kumpulan orang, memakai masker dan tetap dirumah saja seandainya tidak ada kepentingan yang mendesak untuk harus keluar rumah.

Reihana juga menyampaikan perkembangan kasus covid 19 di Lampung. Untuk jumlah orang dalam pemantauan (ODP) sebanyak 3.075 orang yang terdiri-dari 111 orang proses pemantauan dan 2.961 orang selesai pemantauan selama 14 hari, 3 orang meninggal.

Kemudian, pasien dalam pengawasan (PDP) sebanyak 93 orang yang meliputi, 16 orang dirawat/isolasi, serta 62 orang dinyatakan pulang/sembuh/negatif dan 15 orang PDP meninggal.

Sedangkan kasus terkonfirmasi positif Covid-19 yakni 66 orang yang terdiri-dari 39 orang masih dirawat/isolasi, 5 orang meninggal dunia dan 22 orang dinyatakan sembuh.

Menurut Reihana, pasien bayi berumur 11 bulan saat ini berdasarkan hasil pemeriksaan spesialis paru di Rumah Sakit umum daerah Kalianda keadaannya stabil, tidak menunjukkan gejala apa-apa dan bayi tersebut diisolasi Mandiri di rumah. (Harry/Maryadi)

Komentar