oleh

PDP Bertambah 2 Orang

Harianpilar.com, Bandarlampung – Jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) terkait covid 19 atau virus corona di Provinsi Lampung bertambah dua orang. PDP baru ini berjenis kelamin perempuan, satu dewasa dan satu belita berumur 2,5 tahun. Sebelumnya, memang sudah ada dua orang PDP yang dirawat di Rumah Sakit Umum Abdoel Moeloek (RSUDAM) dan RSU A Yani Kota Metro.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, Dr. Reihana, membenarkan penambahan dua PDP itu. “Pasien PDP bertambah 2 orang. Satu perempuan dirawat di RS Beleza. Satu lagi perempuan 2,5 tahun dirawat di RSAM tidak di ruang isolasi,” terang Reihana, Selasa (17/03/2020) malam.

Reihana meminta masyarakat tidak panik, sebab orang yang PDP itu belum tentu positif terkena virus corona.”Jangan panik. PDP belum tentu positif,” tandasnya.

Menurut Reihana, informasi lengkap soal penambahan PDP ini akan disampaikan secara resmi, Rabu (18/03/2020) hari ini.”Besok kita sampaikan secara resmi,” pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, Dinas Kesehatan Provinsi Lampung mencatat 1.823 orang dalam pemantauan (ODP). Sementara pasien dalam pengawasan (PDP) hanya dua pasien.

Data hasil pemantauan yang dilakukan sejak 27 Januari hingga 14 Maret 2020 di seluruh kabupaten/kota di Provinsi Lampung itu menunjukkan penurunan jumlah ODP, awalnya terdapat 4.822 ODP. Namun selama 14 hari dilakukan pemantauan, Dinkes menyatakan 2.999 pasien dinyatakan sehat atau negatif corona sehingga tersisa 1.823 orang.

Dari 1.823 orang itu tersebar di 14 kabupaten/Kota di Lampung, diantaranya Bandarlampung 542 orang, Lampung Selatan (134), Lampung Utara (34), Lampung Tengah (174), Lampung Timur (398), Lampung Barat (0), Pesisir Barat (106), Tanggamus (114), Pringsewu (96), Pesawaran (63), Metro (48), Waykanan (34), Tulangbawang Barat (26), Tulangbawang 38) dan Mesuji (16).

Dari data tersebut, RSUDAM Bandarlampung terdapat satu pasien dan RSU A Yani Metro juga satu pasien yang menjalani pengawasan dari Dinkes Lampung.

Kepala Dinas Kesehatan Lampung, Reihana, saat dikonfirmasi wartawan membenarkan data itu. “Betul itu (data) Press Release yang akan dikeluarkan besok (hari ini) pada saat rapat dengan Pak Gub (Gubernur Arinal),” kata Reihana, Minggu (15/03/2020) malam.

Reihana berharap masyarakat tidak panik dan memahami istilah ODP dan PDP,“Mohon menjadi perhatian istilah ODP dan PDP,” kata dia.

Reihana juga berharap masyakat menjalanakn pola hidup sehat dan menghindari keramaian untuk saat ini jika tidak perlu. “Selalu menjaga kebersihan, terapkan perilaku hidup bersih dan sehat. Pertahankan gaya hidup sehat, gizi seimbang, olahraga teratur dan istirahat yang cukup,” imbaunya.

Dengarkan informasi hanya dari sumber yang terpercaya, dalam hal ini Dinas Kesehatan Provinsi Lampung yang telah ditunjuk oleh Kementerian Kesehatan.
“Jika ada keluhan panas, batuk pilek serta sesak nafas segera hubungi fasilitas kesehatan terdekat,” ujar Reihana.

Dinas Kesehatan Provinsi Lampung beserta lintas sektor terkait telah melaksanakan tugas pokok dan fungsi dalam penanganan covid-19 sesuai standar operasional prosedur yang ditetapkan. (Mico P)

Komentar