oleh

Tiga Pasien Sembuh, Jadi Kebal Corona

Harianpilar.com, Jakarta – Tiga orang warga yang terjangkit virus corona yakni pasien 01, 02, dan 03 dinyatakan sembuh. Dan ketiganya diklaim memiliki imunitas atau kekebalan terhadap virua tersebut.

Juru bicara penanganan virus Corona Achmad Yurianto mengatakan, sejumlah pasien dinyatakan sembuh dari virus Corona COVID-19. Total ada tiga pasien positif yang diklaim sembuh.

Tiga orang tersebut adalah pasien 01, 02, dan 03. Kekinian, ketiganya sudah negatif dari virus corona seusai melalui pemeriksaan laboratorium sebanyak dua kali.

“Artinya secara fisik sudah tidak ada keluhan sama sekali, sudah nampak sehat, dan kemudian secara laboratoris sudah tidak ada lagi virus yang ada di tubuhnya,” ucap Yuri di RSPI Prof. dr. Sulianti Saroso, seperti dilansir suara.com (Sindikasi Harian Pilar), Senin (16/03/2020).

Diketahui, pasien 01 dan pasien 02 adalah anak dan ibu yang pertama kali dinyatakan terpapar virus corona. Kedua warga asal Depok, Jawa Barat itu tertular dari warga negara asal Jepang yang sempat mendatangi Indonesia. Usia pasien 01 adalah 31 tahu, sementara pasien 02 berumur 64 tahun.

Yurianto menambahkan, ketiga pasien yang telah sembuh itu mempunyai imunitas yang kebal terhadap virus corona. Artinya, kekinian mereka bebas dari virus mematikan itu.

“Dan kami meyakini bahwa sekarang beliau bertiga sudah memiliki imunitas untuk kebal terhadap infeksi virus ini,” sambungnya.

Yurianto turut mengapresiasi segenap tim kesehatan yang telah bekerja selama ini.

“Oleh karena itu kami berterima kasih atas kerjasamanya, dan rekan-rekan sekalian bahwa yang bersangkutan dalam kondisi yang sehat wal afiat,” kata dia.

Pakar virus atau virologist Drh. Moh Indro Cahyono menyampaikan bahwa pasien Covid-19 yang sembuh dipastikan benar-benar sehat.

Ia menjelaskan, tubuh manusia memiliki sel memori yang bisa menyimpan seluruh data virus yang pernah masuk.

“Inti dari kekebalan tubuh ada di sel memori. Dia akan menyimpan seluruh data tentang virus yang masuk ke tubuh,” papar Indro seperti Suara.com kutip dari kanal YouTube The Hermansyah A6.

Jika pasien Covid-19 memiliki kekebalan tubuh yang baik, jelas Indro, dalam waktu tujuh hari, antibodi akan semakin tinggi dan menyerang virus. Setelah hari ke-14, tubuh berangsur membaik dan menjadi lebih kebal.

“Lalu apa yang terjadi jika kena lagi? Saya sudah kembangkan antibodi, saya sudah punya data di sel memori. Maka saya gak pernah takut sama virus apa pun,” ucapnya.

Jika virus yang sama kembali menyerang, tubuh akan mampu memproteksinya karena memiliki data dari sel memori.

Oleh karena itu, tubuh tak memerlukan waktu tujuh hari agar meningkatkan antibodi untuk menyerang virus.”Antibodi akan dikeluarkan dalam tubuh saya, tapi tidak dalam waktu 7 hari, hanya dalam waktu 24 jam,” jelasnya.

Karena itu, menurut Indro, diperlukan kekebalan tubuh yang sehat untuk menangkal virus tersebut.”Kalau sebagian penduduk sudah kebal, virus ini akan mati. Karena begitu dia masuk, akan dikalahkan antibodi kita dan dia habis,” pungkasnya. (Maryadi)

Komentar