oleh

Polres Tanggamus Bahas Keamanan Pilkakon Serempak

Harianpilar.com, Tanggamus –¬†Sosialisasi pengamanan seputar pemilihan kepala pekon (Pilkakon) serentak Tahun 2020 di Kabupaten Tanggamus pada April mendatang, Polres Tanggamus membahasnya lewat Radio.

Pembahasan terkait pengamanan tersebut, dilakukan dengan dialog antara Kabag Ops Polres Tanggamus dengan penyiar Radio Cahaya 87,9 FM di Studio Radio Cahaya FM yang berada di Kampus STEBI Kotaagung Kabupaten setempat, Selasa (18/02/2020).

Dalam kesempatan itu, Kabag Ops Polres Tanggamus Kompol Bunyamin yang didampingi Kasubbag Humas Iptu M. Yusuf, menyampaikan bahwa dalam melaksanakan pengaman dalam kegiatan pilkakon yang akan di hadapi pada bulan april nanti, selaku dari aparat keamanan mengharapkan terciptanya kondisi yang kondusif.

“Untuk terciptanya hal itu, Polres Tanggamus telah menyiapkan segala sesuatunya terkait pengaman bekerjasama dengan TNI dan Stakeholder lain yang ada di Kabupaten Tanggamus,” kata Kompol Bunyamin mewakili Kapolres Tanggamus AKBP Hesmu Baroto.

Kompol Bunyamin menegaskan apa bila ada yang ingin melakukan tindakan kriminal dan menghalangi proses pelaksana Pilkakon, pihak keamanan, khususnya di wilayah hukum Polres Tanggamus tidak segan- segan melakukan tidakan tegas.

“Kami harapkan masyarakat membantu terciptanya keamanan, tidak melakukan tindak kriminal maupun menghalangi proses Pilkakon, karena kami tidak segan-segan melakukan tindak tegas sesuai prosedur hukum,” tegasnya.

Sambungnya, dalam pelaksanaan Pilkakon ini Polri sangat netral, tidak ada intimidasi dari siapapun dan Polri juga tidak memihak satupun pasangan calon, serta apabila terjadi hal yang sudah ditetapkan anggota Polri tidak ikut perintah maka akan di lakukan tindakan tegas.

“Dalam menyampaikan kesiapan Pilakon, Polres Tanggamus menggandeng para tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda melalui Bhabinkamtibmas di seluruh jajran polsek di Tanggamus,” ungkapnya.

Senada dengan Kabag Ops, Kasubbag Humas Iptu M. Yusuf menyampaikan pesan kepada masyarakat dalam pelaksanan Pilkakon nanti sama-sama kita jaga keamanan sehingga dalam peserta Demikrasi pemilihan Pilkakon secara serentak yang berjumlah 220 pekon ini secara kondusif, aman dan damai.

“Untuk menghindari Kejadian yang tidak di inginkan, maka kita batasi adanya kegitan malam hari seperti orgen dan lain-lain yang menimbulkan keributan sebelum pelaksanaan Pilkakon ini,” ujarnya.

Kasubbag Humas itu juga menerangkan, dalam pelaksanaan Pilkakon ini Polres Tanggamus juga melaksanakan pengamanan dalam tes CAT para calon Kepala Pekon yang jumlahnya mencapai Enam orang lebih.

“Pengamanan dilaksanakan untuk menetralisir terjadinya tindakan kecuarangan dalam pelaksanaan tes, juga menjamin kegiatan berjalan lancar,” katanya.

Lebih lanjut Iptu M. Yusuf, seluruh rangkaian pengamanan yang dilakukan pihaknya semata-mata demi terjalinnya kondisi Tanggamus yang aman.

“Terlebih lagi aparat Polres Tanggamus terus melakasanakan Operasi Cempaka dengan target perjudian, miras, dan praktek portitusi sebelum pelaksanaan Pilkakon,” pungkasnya. (Agus/Ron).

Komentar