oleh

KPU Komit Selektif Rekrut PPK Berintegritas

Harianpilar.com, Bandarlampung – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Lampung berkomitmen selektif dalam proses rekrutmen PPK yang tengah berlangsung di 8 KPU Kabupaten/kota yang tengah pilkada 2020.

Ketua KPU Provinsi Lampung, Erwan Bustami mengatakan proses pelaksanaan rekrutmen PPK merupakan marwah lembaga KPU yang harus dijaga sesuai dengan Surat Edaran KPU RI nomor 12 tahun 2020 tertanggal 10 Januari 2020 dan berdasarkan PKPU nomor 13 tahun 2017.

“Karena ini kita berkomitmen melaksanakan seleksi PPK secara profesional agar menghasilkan anggota PPK yang berintegritas,” ujarnya, Selasa (21/01/2020).

Dijelaskannya, bagi calon PPK yang periodesasinya sudah dua kali menjabat maka tidak boleh mendaftar. “Selanjutnya bagi mantan-mantan PPK pada saat Pemilu 2019 yang diindikasikan bermasalah, pernah melakukan pergeseran suara, memotong honor penyelenggara adhoc ditingkat bawahnya dan sebagainya yang telah dilaporkan kepada Bawaslu maka tidak boleh mendaftar kembali,” jelasnya.

Lanjutnya, proses seleksi yang menjadi catatan, KPU akan melakukan CAT dalam seleksi PPK menggunakan sistem gugur dan merengking urutan 1 sampai 10 besar. “Jadi kita lebih transparan, kompetitif dan selektif. Kemudian yang masuk 10 besar lanjut mengikuti tes tahap selanjutnya yakni wawancara,” kata Mantan Ketua KPU Kabupaten Way Kanan ini.

Untuk itu, dirinya meminta kepada KPU Kabupaten/Kota untuk benar-benar memastikan bakal calon PPK tidak pernah terlibat dalam pengurus partai politik maupun tim kampanye pasangan calon. “Kemudian kita minta untuk tracking di SIPOL,” tukasnya. (Ramona)

Komentar