oleh

Proyeksi PAD Dishub 2020 Menurun, Kadishub Pesawaran inventarisir Item Retribusi

Harianpilar.com, Pesawaran – Target Pendapatan Asli Daerah (PAD) Dinas Perhubungan Kabupaten Pesawaran ditahun 2020 menurun dari tahun sebelumnya, yakni hanya Rp 245.000.000. Sementara target pada tahun 2019 lalu mencapai Rp445.950.000,-.

Ditemui diruang kerjanya, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Pesawaran, A. Syafe’i mengungkapkan dengan terbaginya terkait pengelolaan PAD yang sebahagian dilaksanakan oleh Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Pesawaran, maka target PAD Dishub setempat ditahun 2020 mengalami penurunan, hanya separuh dari dari tahun sebelumnya.

“Sebenarnya untuk target PAD tahun ini masih stagnan dengan tahun lalu, cuma ada beberapa retribusi dikelola oleh pihak Dispenda diantaranya pajak retribusi,” ungkap Syafe’i, Senin (20/01/2020).

Dikatakan mantan Kadis Kominfo Pesawaran (Syafe’i-red), untuk mendongkrak target PAD yang akan dicapai tersebut, saat ini pihaknya sedang melakukan inventarisir lokasi lahan retribusi serta menentukan regulasi terkait penarikan retribusi yang akan dilakukan.

Dijelaskannya terkait retribusi yang dikelola pihaknya, melingkupi retribusi parkir tepi jalan sebesar Rp150.000.000, dan retribusi tempat khusus parkir sebesar Rp80.000.000.

Kemudian, retribusi izin trayek sebesar Rp15.000.000.

“Untuk retrubusi kekayaan daerah belum bisa ditarik karena belum ada regulasi yang mengikat. Seperti kapal laut, dikarenakan perda sedang digodok bersama dewan,” ungkap Syafe’i.

Sementara terkait retribusi uji KiR kendaraan bermotor, Dinas Perhubungan Pesawaran diakuinya belum dapat terkelola oleh pihaknya. Sebab, pemda Pesawaran belum memiliki gedung sendiri untuk melaksanakan uji kelayakan kendaraan bermotor tersebut.

“Gedung uji KIR ini masih akan dikordinasikan dengan pak Bupati, mengingat sumbangam PAD dari leading sektor KIR ink cukup dominan mendongkrak PAD,” ucapnya.

Kemudian ketika disoal apakah PAD yang diproyeksikan dapat tercapai seperti yang ditentukan?. Diyakininya PAD Dishub Pesawaran pada tahun 2020 ini dapat tercapai 100 persen.

“Saya yakin 100 persen dari  proyeksi PAD Dishub bisa tercapai, selagi petugas penarikan dilapangan dan staf Dishub yang terlibat bekerja secara profesional dan sesuai tufoksinya,” tandasnya. (Fahmi)