oleh

Mantan Wagub Lampung Dalam ‘Pusaran’ Kasus Agung

Harianpilar.com, Bandarlampung – Nama mantan Wakil Gubernur Lampung Bachtiar Basri terseret dalam pusaran kasus korupsi Bupati Lampung Utara (Lampura) Agung Ilmu Mangkunegara. Bachtiar Basri dipanggil Komisi Pemberantas Korupsi (KPK) pada Selasa (17/12/2019) lalu. Pada hari yang sama, KPK juga menjadwalkan pemeriksaan terhadap anggota DPR RI Tamanuri –ayah kandung Agung Ilmu Mangkunegara.

“Akan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka AIM (Agung Ilmu Mangkunegara),” ujar Jubir KPK, Febri Diansyah kala itu.

Dari informasi yang diperoleh, Bachtiar Basri diperiksa terkait dugaan jatah proyek Rp10 Miliar di Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Lampung Utara tahun 2016. Jatah proyek ini melalui Kepala Dinas PUPR Lampura saat itu Syahbudin, yang juga diciduk oleh KPK dalam operasi tangkap tangan (OTT) bersama Agung beberapa waktu lalu.

Namun, tidak ada masalah fee proyek dengan Bachtiar Basri. Sebab dari dokumen yang diperoleh, disebutkan Syahbudin tidak meminta fee ke Bachtiar Basri.

Sebab, pemberian itu terjadi lantaran rasa terimakasihnya Agung Ilmu Mangkunegara kepada Bachtiar Basri karena telah membantu Agung Ilmu Mangkunegara pada saat bertarung dalam Pilkada 2013 silam.

Harian Pilar berulang kali berupaya mengkonfirmasi kebenaran informasi ini ke Bachtiar Basri, namun belum berhasil. Konfirmasi melalui orang yang selama ini diketahui dekat dengan Bachtiar Basri juga tidak berhasil. Bahkan, Bachtiar Basri disebut cenderung tertutup semenjak namanya terseret masalah ini.”Dia gak pegang Hp bung,” ujar salah satu orang yang diketahui dekat dengan Bachtiar.

Harian Pilar meminta agar difasilitasi untuk konfirmasi ke Bachtiar Basri atau dimintakan komentar ke Bachtiar Basri terkait masalah ini.”Maaf bung belum bisa,” ungkapnya.

Menurutnya, sejak ke KPK sebagai saksi Bachtiar cenderung tertutup.”Sejak dia ke KPK sebagai saksi agak menutup diri bung,” pungkasnya.

Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri belum memberi klarifikasi terkait hal ini. Pesan berisi pertanyaan seputar Bachtiar Basri tidak mendapat respon saat ditanya melalui pesan Whatsapp pribadinya.(Tim/Maryadi)

Komentar