oleh

Pilkada Pesawaran Mulai Memanas

Harianpilar.com, Pesawaran – Meskipun partai politik (Parpol) belum menentukan rekomendasi terkait balonkada yang bakal diusung di Pilkada Pesawaran 2020, namun sejumlah balonkada telah mulai perang baliho di sepanjang jalan di wilayah kabupaten setempat.

Seperti terlihat disepanjang jalan raya Gedongtataan-Kedondong. Sejumlah baliho para balonbup dan balonwabup tersebut tampak terlihat saling berjejer.

Menyikapi banyaknya baliho yang terpasang dipinggiran jalan antara Gedongtataan-Kedondong ini, masyarakat sekitaran sendiri tidak mengerti dan tahu kapan baliho tersebut dipasangnya.

Seperti dikatakan Reza, salah seorang warga Pampangan, banyaknya baliho baik para balonbup dan balonwabup dipinggir jalan di desanya itu menjadikan warena tersendiri.

“Kalau masangnya kapan dan siapa yang masang kita selaku warga gak tahu bang. Ya mungkin tim suksesnya. Yang kita tahu baliho sudah terpasang. Namun yang jelas siapapun calonnya kita inginkan Pesawaran lebih baik kedepannya,” aku Reza, menyikapi banyaknya baliho yang ada diwilayah desanya.

Sementara terkait banyaknya baliho para balonkada yang ada, ketua Bawaslu Pesawaran, Riyan mengaku, jika aturan jelas yang mengatur pelarangan terkait pemasangan baliho balonkada tersebut tidak ada. Namun menurut dia, Alat Peraga Kampanye (APK) sebelum masa kampanye itu tidak diperbolehkan.

“Ada kekosongan aturan terkait persoalan itu bang. Saat ini baliho balonkada yang ada disepanjang jalan itu bukan termasuk APK,” ucap Riyan melalui pesan WhatsAppnya, Senin 13/01/2020).

Sebab menurut Riyan, saat ini pihak KPU belum melakukan penetapan terkait paslon yang akan maju di Pilkada Pesawaran 2020 mendatang.

“Kalau sudah ada ketetapan dari KPU, maka sudah ada norma yang mengikat, dan baru baliho balonkada bisa ditertibkan,” papar Riyan. (Fahmi)

Komentar