oleh

Komisi II Laporkan Proyek Benih Jagung ke Mentan

Harianpilar.com, Bandarlampung – Komisi II DPRD Provinsi Lampung melaporkan dugaan penyimpangan proyek benih jagung bernilai ratusan miliar ke Menteri Pertanian (Mentan) Sahrul Yasin Limpo. Mentan akan turun ke Lampung untuk mengevaluasi berbagai masalah tersebut.

Proyek pengadaan benih jagung ini menelan anggaran ratusan miliar pada tahun 2018 dan 2019 yang dilaksanakan melalui Dinas Tanaman Pangan Holtikultura Provinsi Lampung. Pada tahun 2018, Kementerian Pertanian (Kementan) menggelontorkan anggaran sekitar Rp130 Miliar untuk bantuan benih jagung ini tahun 2018 melalui Dinas Tanaman Pangan dan Hortikulturan (DTPH) Provinsi Lampung. Untuk bantuan Budidaya Jagung Hibrida Varietas Umum 3 senilai Rp68,3 Miliar diperuntukkan bagi 124.957 Ha Iahan kelompok tani yang tersebar di Lampung Selatan, Lampung Tengah, Lampung Utara, Lampung Timur, Tulangbawang, Way Kanan, Pesawaran, Mesuji, Pringsewu, Pesisir Barat, Tulangbawang Barat, Metro, Tanggamus.

Kemudian, untuk bantuan Budidaya Jagung Hibrida Varietas Umum 2 senilai Rp44,5 Miliar yang diperuntukkan bagi 67.554 Ha lahan kelompok tani yang tersebar di daerah yang sama. Dan untuk bantuan Budidaya Jagung Hibrida Varietas Umum 2 dan Varietas Umum 3 senilai Rp25, 4 Miliar yang” diperuntukkan bagi 45.000 Ha lahan kelompok tani.

Pada tahun 2019 ini, Kementan melalui Dinas TPH Provinsi Lampung kembali mengalokasikan anggaran untuk proyek serupa yakni melaksanakan penyaluran fasilitas sarana budidaya Jagung Hibrida Varietas Umum 2 senilai Rp32,3 Miliar untuk 50.328 Ha.

Dan proyek melaksanakan penyaluran fasilitas sarana produksi budidaya Jagung Litbang senilai Rp10,6 Miliar untuk 19.672 Ha.

Ketua Komisi II DPRD Provinsi Lampung, Wahrul Fauzi Silalahi, mengatakan, pihaknya saat bertemu Menteri Pertanian melaporkan berbagai masalah benih jagung itu, dan Kementerian Pertanian berjanji akan melakukan evaluasi menyeluruh.

“Kita laporkan langsung ke Menteri Pertanian. Mereka akan melakukan evaluasi. Mereka akan turun langsung ke Lampung,” ungkap Ketua DPD Partai Nasdem Lampung Selatan ini, Minggu (08/12/2019).

Menurutnya, Menteri Pertanian Sahrul Yasin Limpo memberi pertanian serius terhadap berbagai masalah pertanian di Lampung, dan Mentan mengapresiasi DPRD Lampung yang proaktif menjempur program ke pusat.”Mentan kakak Sahrul Yasin Limpo akan mengevaluasi masalah benih jagung itu, dan akan turun ke Lampung dalam waktu dekat,” pungkasnya.

(BERITA SELENGKAPNYA BACA DI SURAT KABAR HARIAN PILAR EDISI SENIN 9 DESEMBER 2019). (Tim/Maryadi)

Komentar