oleh

Hadapi Persaingan, Zaiful Ajak Korpri Harus Kedepankan Kreativitas

Harianpilar.com,  Lampung Timur – Pemerintah Kabupaten Lampung Timur (Lamtim) menggelar upacara dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-48 Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) yang bertempat di Halaman Depan Pemkab Lampung Timur, Jumat (29/11/2019).

Upacara yang dipimpin oleh Bupati Lampung Timur Zaiful Bokhari tersebut, turut hadir pula Sekretaris Daerah Kabupaten Lampung Timur Syahrudin Putera, Para Staf Ahli, Asisten, Kepala Inspektorat, Kepala OPD dan Kepala Bagian di Lingkungan Pemkab Lampung Timur, Forkopimda Lampung Timur, Anggota DPRD Lampung Timur Masrul Hafi, serta para Camat se-Kabupaten Lampung Timur dan Kepala Sekolah SD-SMP Se-Kabupaten Lampung Timur.

Upacara HUT Korpri kali ini mengangkat Tema “KORPRI : Berkarya, Melayani dan Menyatukan Bangsa”.

Ditengah kondisi cuaca yang cerah dan bersahabat itu, membacakan sambutan Presiden RI, Zaiful menyampaikan salam  sekaligus apresiasi khusus kepada anggota KORPRI yang bertugas di pelosok-pelosok negeri, dipulau-pulau terdepan, dikawasan perbatasan dan wilayah-wilayah terisolir.

“Mereka adalah abdi Negara yang menjalankan tugas dengan penuh dedikasi, untuk memastikan Negara hadir diseluruh penjuru tanah air. Terimakasih atas pengabdian yang saudara-saudara berikan kepada rakyat, bangsa dan Negara”.

Jokowi, dalam sambutan yang dibaca Zaiful, mengingatkan adanya persaingan antarnegara di revolusi industri 4. Persaingan itulah yang sedang dihadapi oleh Indonesia. Adanya persaingan itu tidak harus ditakuti. Namun, Korpri harus menghadapinya dengan mengedepankan kreativitas dan kecepatan.

“Persaingan antarnegara semakin sengit. Berebut teknologi dan rebut talenta hebat yang digunakan memajukan negaranya. Kita tidak boleh takut, kita hadapi persaingan dengan cara terobosan baru. Kreativitas kecepatan dan inovasi adalah kunci,” ucap Zaiful.

Dikatakan Zaiful, dalam amanatnya, Presiden meminta para pegawai bekerja cepat dan mengedepankan inovasi. Presiden meminta para pegawai mengurangi kegiatan yang rutinitas dan seremonial.

“Pelayanan yang ruwet, berbelit-belit dan menyulitkan rakyat harus kita pangkas. Orientasi birokrasi harus betul-betul berubah bukan lagi berorientasi pada prosedur tapi lebih berorientasi pada hasi nyata. Saya juga sering mengingatkan bahwa kita harus mengurangi kegiatan seremonial yang sifatnya rutinitas dan lebih meningkatkan produktivitas serta berorientasi pada hasil”. Tandasnya.

Maka lanjutnya, Presiden Joko Widodo juga mengusulkan penghapusan eselon III dan eselon IV di sistem birokrasi, kebijakan itu diambil untuk memangkas sistem pelayanan birokrasi yang panjang.

“Panjangnya rantai pengambilan keputusan juga harus bisa dipotong, dipercepat dengan cara penerapan teknologi. Bahkan saya sudah minta eselon III dan IV untuk ditiadakan sehingga pengambilan keputusan bisa lebih cepat”, ujar nya.

Pada upacara HUT Korpri kali ini, Bupati Lampung Timur Zaiful Bokhari melakukan penyerahan secara simbolis Ambulance gratis yang akan ditempatkan di 20 Puskesmas di Lampung Timur. (CAN).

Komentar