oleh

Belanja Daerah APBD Lamtim Tahun 2020 Turun 1,17 Persen

Harianpilar.com, Lampung Timur – Bupati Lampung Timur (Lamtim) Zaiful Bokhari menghadiri rapat paripurna TK. II DPRD Kabupaten Lampung Timur dalam acara Pengambilan Keputusan terhadap Raperda tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Lampung Timur Tahun Anggaran 2020, di ruang sidang DPRD setempat, Kamis (28/11/2019).

Diketahui, setelah dilakukannya pembahasan dan rapat paripurna, maka struktur pada APBD tahun anggaran 2020 Kabupaten Lampung Timur dari total pendapatan daerah mencapai Rp 2,20 triliun mengalami penurunan sebesar Rp0,57% dari pendapatan daerah tahun anggaran 2019.

Hal ini dikarenakan pendapatan dari Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik belum dianggarkan pada APBD 2020 sesuai Permendagri Nomor. 33 tahun 2019 tentang pedoman penyusunan APBD tahun anggaran 2020.

Total belanja daerah pada perubahan APBD tahun anggaran 2020 Kabupaten Lampung Timur sebesar Rp2,32 triliun atau mengalami penurunan sebesar 1,17% dari total belanja pada APBD tahun anggaran 2019. Rincian belanja daerah pada APBD terdiri dari belanja tidak langsung sebesar Rp1,49% triliun atau mengalami kenaikan sebesar 3,65%.

Dalam penyampaiannya, Zaiful mengatakan bahwa sidang paripurna dalam rangka pengesahan rancangan APBD tahun anggaran 2020 ini merupakan bukti bahwa Bupati dan DPRD bukan hanya sekedar mitra kerja, namun merupakan bagian dari unsur penyelenggara pemerintahan daerah yang memiliki peran sejajar dalam membangun Kabupaten Lampung Timur.

“Saya berharap komunikasi, koordinasi dan kerjasama antara eksekutif dan legislatif dapat terus ditingkatkan pada masa-masa yang akan datang”, ujar sapaan akrab Bang Ipul tersebut.

Pada kesempatan tersebut dilakukan penandatangan keputusan DPRD dan berita acara persetujuan bersama tentang APBD tahun anggaran 2020.

Hadir dalam sidang tersebut, Ketua DPRD Kabupaten Lampung Timur, Ali Johan Arif, Para Wakil Ketua DPRD Kabupaten Lampung Timur, Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Datang Cahaya Wartawan, Asisten Bidang Administrasi Umum, Wan Ruslan, Kepala Inspektorat Kabupaten Lampung Timur, Tarmizi, Forkopimda Kabupaten Lampung Timur, Para kepala OPD, dan Kabag Setdakab Lampung Timur, serta camat se-Kabupaten Lampung Timur. (CAN).

Komentar