oleh

Waykanan Raih Anugerah Swasti Saba 2019-11-19

Harianpilar.com, Jakarta – Kabupaten Waykanan meraih penghargaan Swasti Saba Padapa atau penghargaan kabupaten/kota sehat dari Kementerian Kesehatan dan Kemendagri, Jakarta, Selasa (19/11/2019).

Anugerah Swasti Saba merupakan penghargaan yang diberikan kepada pemerintah daerah yang berkomitmen mewujudkan kabupaten sehat.

Komitmen Pemerintah Kabupaten Waykanan dalam membangun dan meningkatkan pelayanan kesehatan mendapat pengakuan dari Kementerian Kesehatan dengan diperolehnya Anugerah Swasti Saba 2019.

Didampingi Kepala Dinas Kesehatan, Anang Risgiyanto, dan Ketua TP PKK, Dessy Afriyanti Adipati, Bupati Waykanan, Raden Adipati Surya, menerima penghargaan itu yang diserahkan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian di Sasana Bhakti Praja, Kemendagri, Jakarta Selasa (19/11/2019).

Penghargaan Swasti Saba diberikan kepada daerah yang masuk nominasi sebanyak 177 bupati/walikota dan enam Gubernur se-Indonesia.

Gubernur yang menerima penghargaan itu karena dinilai berperan aktif dan berhasil mensinergikan lintas sektor maupun lintas program, serta mampu melakukan pemberdayaan masyarakat dalam menyelenggarakan kabupaten/kota sehat.

Kabupaten Waykanan menjadi kabupaten terbaik Se-Indonesia bersama Provinsi Sulawesi Selatan dan Kotamadya Tangerang Banten

Salah satu indikator penilaian Kabupaten Sehat yakni tercapainya setidaknya 50 persen masyarakat tidak lagi buang air besar di sembarang tempat. Sementara Kabupaten Waykanan menjadi kabupaten yang 100 persen stop buang air besar (BAB) di sembarang tempat.

Hal itu ditandai dengan deklarasi Kabupaten Waykanan Open Defection Free (ODF) atau tidak ada lagi masyarakat yang buang air sembarangan sekaligus diterima Penghargaan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) dari Menteri Kesehatan pada 22 Maret 2019. (An).

Komentar