oleh

Ambil Alih Tugas, KPU Lampung Gerak Cepat

Harianpilar.com, Bandarlampung – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lampung menerima tugas dari KPU RI untuk mengambil alih tugas, wewenang dan kewajiban KPU Kabupaten/Kota di Lampung yang sudah habis masa jabatannya pada 17 November 2019.

Lembaga penyelenggara pemilu ini pun langsung gerak cepat dengan melakukan rapat pleno dan dihadiri seluruh komisioner untuk mengambil langkah-langkah strategis, Senin (18/11/2019).

“Salah satu langkah pertama kita yaitu menyurati seluruh satuan kerja (satker) KPU Kabupaten/Kota se Provinsi Lampung terkait surat dari KPU RI,” kata Ketua KPU Lampung, Erwan Bustami usai pleno.

Lanjutnya, KPU Lampung juga akan melakukan rapat koordinasi dengan semua sekretaris KPU Kabupaten/Kota besok Selasa,19/11/2019 di aula Kantor KPU Lampung dalam rangka persiapan dan pelaksanaan tahapan-tahapan pilkada serentak 2020 khususnya di 8 Kabupaten/Kota yang akan menyelenggarakan Pilkada maupun dengan 7 Kabupaten/Kota yang tidak melaksanakan Pilkada.

“Hasil pleno ini juga melakukan pembagian tugas komunikasi dan koordinasi dengan semua KPU Kabupaten/Kota berdasarkan pada personil koordinator wilayah (koorwil) dari komisioner KPU Lampung,” ungkapnya.

Pengambil alihan tugas yang diperintahkan oleh KPU RI sambung Erwan tidak menjadi persoalan, karena bersifat sementara dan tahapan/program sudah tertuang dalam PKPU 15 tahun 2019 terkait tahapan, program dan jadwal pemilihan gubernur dan wakil gubernur, Bupati dan Wakil Bupati atau Walikota dan Wakil Walikota tahun 2020.

“Terkait tertundanya pengumuman dan pelantikan KPU Kabupaten/Kota, kami serahkan sepenuhnya kewenangannya kepada KPU RI,” ujarnya.

Menurut Erwan juga, tertundanya pengumuman KPU kabupaten/kota oleh KPU RI juga sebagai bentuk kehati-hatian dan respon atas kondisi yang ada dalam penentuan calon komisioner KPU Kabupaten/Kota.

“Agar betul-betul terpilih penyelenggara pemilu yang berintegritas, dan memiliki jejek rekam yang baik serta profesional karena penyelnggara juga menentukan kredibelitas dan legitimasi proses pemilu maupun pemilihan yang berjalan,” jelasnya.

“Mohon masyarakat untuk bersabar menunggu keputusan KPU RI dalam penetapan komisioner KPU Kabupaten/Kota se Provinsi Lampung Periode 2019 – 2024,” tutup Erwan.

Diketahui sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lampung akan mengambil alih tugas, wewenang, dan kewajiban KPU Kabupaten/Kota se Lampung periode 2014-2019 yang sudah berakhir masa jabatannya pada tanggal 17 November.

Pengambil alihan ini berdasarkan surat dari KPU RI nomor 2183/SDM.12-SD/05/KPU/XI/2019 yang ditandatangani Ketua KPU RI, Arif Budiman. (Ramona)

Komentar