oleh

Parosil Bangun Gedung Budaya

Harianpilar.com, Lampung Barat  – Pembangunan gedung budaya di komplek Pemerintah Daerah (Pemda) Lampung Barat (Lambar) dimulai. Ini ditandai dengan peletakkan batu pertama oleh oleh Bupati Lambar H. Parosil Mabsus dan Wakil Bupati Drs. H. Mad Hasnurin, Rabu (16/10/2019).

Dalam sambutannya, Parosil mengatakan, tujuan dibangunnya lamban budaya ini adalah sebagai pusat kesenian dan destinasi wisata? bukan sebagai museum. Dengan adanya pengembangan dan pelestarian yang di lakukan lamban budaya, kesenian dan kebudayaan yang ada di masyarakat Lampung Barat tidak mengalami kemunduran ataupun kepunahan.

Menurutnya, pengaruh budaya luar dapat menggerus budaya lokal. Itu ditandai dengan berkurangya minat masyarakat terhadap kesenian tradisional Lambar.” Itulah yang menyebabkan lunturnya nilai-nilai dan memudarnya kesenian traditional itu sendiri bahkan mendekati kepunahan maka dari hal itu perlu sebuah wadah yang menanggani masalah ini,” ungkapnya.

Dengan adanya pengembangan dan pelestarian kesenian tradisional yang dilakukan lamban budaya akan menimbulkan dampak yang signifikan terhadap perkembangan pariwisata di Lampung Barat tentunya dibidang kesenian itu sendiri. Diantaranya menarik para wisatawan untuk datang berkunjung ke Lambar dengan motivasi untuk melihat kesenian daerah Lambar dan juga karena adanya pertunjukan dan pergelaran seni yang sering di selenggarakan tepatnya di lamban budaya. “Otomatis semua aktivitas seni budaya itu akan banyak menimbulkan antusiasme dari penikmat-penikmat seni,” pungkasnya. (Rls/Sifa)

Komentar