oleh

Masalah Proyek PUPR Lampung ‘Uji Nyali’ Arinal Djunaidi

Harianpilar.com, Bandarlampung – Indikasi penyimpangan sejumlah proyek milik Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Lampung yang dilaksanakan melalui UPTD Wilayah I nampaknya bakal menjadi ‘uji nyali’ bagi Gubernur Lampung Arinal Djunaidi. Sebab, Arinal didesak mendorong masalah itu agar diusut oleh penegak hukum. Hal itu untuk menjaga marawan Gubernur Lampung yang menjadi Duta Anti Korupsi dan berkomitmen menjalankan pemerintahan yang bersih. Uji nyali?

Dugaan ketidak beresan dalam pelaksanaan proyek-proyek itu dinilai sudah cukup terang. Mulai dari Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dan Panitia Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) dijabat satu orang sehingga menyalahi Peraturan LKPP, kondisi jalan ruas jalan Lempasing – Padang Cermin (Link-042), kemudian ruas Padang Cermin – SP. Teluk Kiluan (Link – 043), dan Ruas Sukamara – Kuripan (Link- 036) sudah rusak parah padahal pemeliharaan baru dilakukan, kemudian indikasi proyek-proyek itu dikerjakan sendiri oleh oknum Dinas PUPR dengan modus pinjam perusahaan. Sebab, salah satu pemilik perusahaan mengakui perusahaan dipinjam oknum di Dinas PUPR Lampung.

“Dugaan penyimpangan itu sudah cukup jelas dan terang. Tapi dibutuhkan peran penegak hukum untuk menindaklanjutnya. Gubernur Lampung Arinal Djunaidi harus mendorong penegak hukum mengusut masalah ini, demi menjaga marwah Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung diperiode awal ini yang menjadi Duta Anti Korupsi KPK, dan Gubernur Arinal sering menyampaikan akan menjalankan pemerintahan yang bersih,” ujar Pengamat Hukum Universitas Lampung, DR. Yusdianto Alam, Minggu (06/10/2019). (BERITA SELENGKAPNYA BACA DI SURAT KABAR HARIAN PILAR EDISI HARI SENIN, 07-OKTOBER-2019) 

Komentar