oleh

Benarkan OTT, KPK Hitung Barang Bukti

Harianpilar.com, Lampung Utara – Komisi Pemberantas Korupsi (KPK) membenarkan ada kegiatan di Lampung. KPK mengamankan seorang kepala daerah, 2 Kepala Dinas dan 1 orang perantara. Kegiatan ini diduga terkait proyek di Dinas PU atau Dinas Koperasi dan Perdagangan (Koperindag) di Kabupaten Lampung Utara (Lampura).

Dari pantauan di lapangan, Komisi Pemberantas Korupsi (KPK) memasang segel di ruangan Bupati Lampung Utara (Lampura) di komplek Pemkab setempat. Segel terpasang di empat titik pintu, bagian atas kanan, tengah, bagian bawah kiri dan bawah. KPK juga memasang KPK Line di pintu tersebut.

Juru Bicara KPK, Febri mengatakan, Minggu (06/10/2019) malam ada tim yang bertugas di Lampung. Setelah melakukan pengecekan info dari masyarakat di lapangan, diduga ada penyerahan uang yang diperuntukkan pada Kepala Daerah setempat. KPK mengamankan total 4 orang sejak sore hingga malam, yaitu Bupati, 2 Kepala Dinas dan 1 orang perantara.

“Barang bukti uang sedang dihitung jumlahnya.Diduga terkait proyek di Dinas PU atau Koperindag di Kabupaten Lampung Utara. Untuk pengamanan awal, tim telah menyegal sejumlah benda dan lokasi,” ungkapnya melalui siaran persnya, Minggu (06/10/2019) malam.

Sebagaimana hukum acara yang berlaku, maka KPK akan memproses lebih lanjut pihak-pihak yang diamankan tersebut. Dalam waktu paling lama 24 jam akan ditentukan status hukum perkara dan orang-orang yang diamankan. Direncanakan pihak yang diperlukan akan dibawa besok ke Jakarta.

Informasi lebih lanjut tentang penanganan perkara ini akan disampaikan melalui konferensi pers di KPK Senin. (Sifa)

Komentar